Seminar dan Workshop eLearning di Jogjakarta

elearning.gifSudah dua pekan ini setiap sabtu dan minggu (24-25 Nopember dan 1-2 Desember 2006) saya diminta menjadi nara sumber workshop eLearning di dua universitas di Jogjakarta, yaitu  Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) dan Universitas Sanata Darma (USD). Kebetulan dua universitas tersebut memenangkan Program Hibah Kompetisi (PHK) dari Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI), Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS). Kelihatannya mulai tahun 2006 ini DIKTI memiliki visi untuk mencoba pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran di Universitas.

FK UII melalui program eLearning menggunakan CMS Wiki, dengan konten dikembangkan oleh para dosen secara mandiri. eLearning FK UII mencoba membuka diri dengan membagi sumber-sumber pembelajaran biomedik khususnya untuk mahasiswa, staf pengajar dan peneliti di lingkungan Universitas. Konten eLearning berisi materi-materi perkuliahan berupa hand out, presentasi serta kuis elektronik. Bentuk dan format eLearning sepertinya diarahkan untuk mengadopsi MIT Opencourseware. Apabila program ini nanti benar-benar berhasil, saya pikir ini adalah pilot project yang menarik khususnya usaha untuk men-share materi materi kedokteran berbahasa Indonesia di dunia Internet.

usd.jpgUSD saya lihat juga sangat agresif, setelah memenangkan berbagai hibah dari DIKTI, termasuk program Hibah INHERENT (Indonesia Higher Education Network) untuk mengembangkan sistem dan konten eLearning diatas, USD juga juga mendapat penghargaan dari Depdiknas untuk situs universitas terbaik. Sekedar informasi bahwa USD secara khusus menggunakan terminologi Sumber Belajar Digital (SBD) untuk kegiatan eLearning mereka. Langkah berikutnya adalah mencoba meng-encourage para dosen pengajar supaya kreatif mengembangkan module plan termasuk bahan ajarnya, dengan membuat kompetisi internal berhadiah. Sistem eLearningnya sendiri dikembangkan secara mandiri, dan memasuki tahap ujicoba dengan implementasi konten hasil kompetisi tadi.

Materi yang saya sampaikan dalam workshop selama dua hari tentang eLearning dan sumber belajar digital adalah sebagai berikut:

  1. Pengantar umum eLearning
  2. Analisa kegagalan dan strategi pengembangan eLearning
  3. Teknik menulis dan blogging
  4. Penelusuran dan sumber informasi di Internet
  5. Community building dan image branding di InternetÂ
  6. Konsep dan teknik knowledge management

Secara umum, saya pribadi cukup gembira melihat perkembangan pemanfaatan teknologi informasi untuk proses pembelajaran ini. Dan cukup membahagiakan bahwa sudah mulai timbul semangat dan usaha rekan-rekan akademisi di universitas untuk mulai membuka diri serta mau berbagai ilmu secara gratis lewat internet. Ilmu akan semakin bertambah apabila kita mau membaginya ke orang lain yang membutuhkan. Ilmu yang disebarkan adalah amal yang akan terus mendapat pahala meskipun kita sudah meninggalkan dunia ini.

Dan mudah-mudahan ini membawa arti bahwa IlmuKomputer.Com akan memiliki banyak saudara dari berbagai bidang ilmu yang lain. Amiiin.

ttd-small.jpg