Knowledge Management dan Dunia Pendidikan 14 Dec2006

Tags

Related Posts

Share This

Knowledge Management dan Dunia Pendidikan

km-unpad1.jpg12 Desember 2006 setelah subuh berangkat ke Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung untuk mengisi seminar yang mengambil tema Implementasi Knowledge Management di Perguruan Tinggi. Alhamdulillah ada Udin yang memberi kesempatan saya bisa tidur di mobil karena dia yang pegang kemudi dari Bekasi sampai Bandung 😉 Yang menarik bahwa acara seminar ini di dukung struktural Unpad, bahkan Rektor Unpad menyempatkan diri hadir untuk membuka acara. Tentu kita harus berterima kasih atas kerja keras mas Eddy Nurmanto sebagai penyelenggara dan provokator seminar sehingga bisa sukses seperti ini 😉

km-unpad2.jpgAcara diselenggarakan di Gedung Perpustakaan Pusat (CISRAL) Unpad, yang dipimpin oleh bu Nurpilihan. Konon kabarnya bu Nurpilihan ini adalah jago lobi dan networkingnya cukup baik, dibuktikan dengan beberapa inovasi mengembangkan CISRAL menjadi lebih modern dan dinamis. Jujur saja sudah ratusan seminar saya datangi, baru kali ini saya sangat enjoy dengan setting tempat seminar 🙂 Posisi pembicara yang dekat dengan peserta, model tempat duduk ala talkshow dan layar presentasi di 3-4 posisi, sangat menyenangkan bagi saya. Mungkin ini karena saya punya kebiasaaan berbicara sambil berdiri dan jalan ke sana sini dan memaksimalkan image dan animasi di presentasi 😉 Di seminar ini, saya tampil bersama pak A. Mukti Soma (AVP. Knowledge Management PT Telkom) yang membawakan materi bagaimana knowledge management di implementasikan di PT Telkom.

Sesuai hasil diskusi dengan panitia, saya membawakan materi yang mengenalkan secara mudah kepada masyarakat apa dan mengapa knowledge management (pengelolaan pengetahuan), apa masalah yang ada di implementasi knowledge management untuk dunia pendidikan, dan yang terakhir juga panitia minta saya untuk men-share pengembangan IlmuKomputer.Com sebagai implementasi knowledge management dan learning organization (organisasi pembelajar) yang cukup riil. Pertanyaan dan diskusi juga berlangsung cukup menarik dan konstruktif. Ini saya pikir karena peserta sangat beragam, ada yang mahasiswa, dosen, dan kalangan industri. Saking excitingnya saya sampai lupa bagi hadiah CD IlmuKomputer.Com yang biasa saya berikan kepada peserta yang aktif bertanya. Sampai di Jakarta baru ingat bawa kembali CD IlmuKomputer.Com 🙁

Di akhir acara, sempat ngobrol dengan beberapa wartawan dari Kompas, Pikiran Rakyat, Tribun, dsb. Belum ngerti dipublish atau tidak, paling tidak hasil searching saya ketemu:

  1. Minim, Penerapan Manajemen Pengetahuan Akademisi, Kompas Cybermedia, 12 Desember 2006
  2. Harian Kompas, Halaman G, Suplemen Jawa Barat, 13 Desember 2006

Materi bisa di download dari link ini. Seperti biasa banyak slide yang terpaksa saya delete untuk mengecilkan ukuran file. Silakan di download kalau ada yang tertarik.

ttd-small.jpg