About Me

Share This

About Me

Download CV Lengkap

Romi Satria Wahono. Lahir di Madiun, 2 Oktober 1974. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di SD Negeri Sompok 4 dan SMP Negeri 8 Semarang. Menamatkan SMA di SMA Taruna Nusantara, Magelang pada tahun 1993. Menempuh pendidikan S1 (B.Eng), S2 (M.Eng), dan S3 (Dr.Eng) (on-leave) di bidang Software Engineering di Department of Computer Science di Saitama University, Jepang pada tahun 1999, 2001, dan 2004. Juga menyelesaikan PhD di bidang Software Engineering dan Machine Learning di  Faculty of Information and Computer Technology di Universiti Teknikal Malaysia Melaka pada tahun 2014. Mantan PNS dan peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Cisco certified instructor lulusan Nanyang Technological University (NTU), Singapore. Bidang minat penelitian adalah Software Engineering dan Machine Learning. Professional member dari asosiasi ilmiah IEEE Computer Society (90598687), ACM (6680333) dan PMI (2822015). Pendiri dan CEO dari PT Brainmatics Cipta Informatika, dan PT IlmuKomputerCom Braindevs Sistema, perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan software, enterprise architecture, professional training dan certification center.

Memiliki pengalaman sebagai pengembang enterprise architecture dan IT blueprint di berbagai instansi pemerintah dan swasta, seperti Komisi Pemberantasan Korupsi, Kementrian Keuangan, Universitas Sriwijaya, dsb. Pemegang sertifikasi industri dan certified trainer berhubungan dengan bidang enterprise architecture (TOGAF), business process modeling (BPMN), systems analysis and design (OMG UML), IT service management (ITIL), data mining (RapidMiner) dan software development (IEEE, Oracle).

Aktif sebagai peneliti dan dosen, dimana ratusan publikasi penelitian dalam bentuk scientific paper, artikel, dan tutorial telah diterbitkan dalam berbagai proceedings conference, jurnal ilmiah, majalah, koran dan portal, bertaraf nasional maupun internasional. Selain menulis tetap di beberapa kolom majalah IT, juga menyempatkan diri untuk menulis bebas di situs blog pribadi di RomiSatriaWahono.Net. Terjun di dunia industri IT semenjak masa kuliah. Memulai karir sebagai software tester, programmer dan system analyst di beberapa software house dan game developer company di Jepang. Memiliki pengalaman sebagai engineer, konsultan, lecturer dan pembicara seminar, workshop, serta conference baik di Indonesia maupun Jepang.

Saat ini sebagai reviewer di beberapa journal terindeks SCOPUS yang diterbitkan oleh Elsevier, ACTAPress dan NASA. Di Indonesia, reviewer dari journal Telkomnika dan journal lokal lain yang terakreditasi oleh Dikti. Selain itu memiliki pengalaman sebagai reviewer untuk program hibah penelitian yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia dan beberapa universitas lain, dan juga reviewer untuk kegiatan tender pengembangan software di beberapa kementerian di Indonesia. Technical Assistance program hibah kompetisi dari kementrian pendidikan nasional untuk beberapa universitas di Jakarta, Padang, Lampung, Surabaya dan Yogyakarta. Editor-in-Chief dan reviewer dari journal ilmiah Journal of Software Engineering dan Journal of Intelligent Systems.

Menjadi juri pada berbagai event lomba dan kompetisi bertaraf nasional maupun internasional, diantaranya adalah: Lomba Pembuatan Multimedia Pembelajaran (LPMP) yang diselenggarakan oleh Kemdiknas, National Innovative Teacher Competition yang diselenggarakan oleh Microsoft, eLearning Award yang diselenggarakan oleh Pustekkom, INAICTA (Indonesia ICT Award) yang diselenggarakan oleh Kominfo dan Aspiluki, Kompetisi Smart Campus yang diselenggarakan oleh Telkom, Imagine Cup yang diselenggarakan oleh Microsoft, dan kompetisi pengembangan aplikasi dan situs web yang diadakan oleh kementrian keuangan, dan berbagai universitas lain di Indoneia.

Selain tema diatas juga memiliki minat dan aktif menulis dalam tema yang berhubungan dengan manajemen, leadership, self improvement, motivation dan keorganisasian. Aktifis organisasi kampus dan kemahasiswaan semasa menjadi mahasiswa di Saitama University. Menjadi Ketua Umum PPI Jepang (Perhimpunan Pelajar Indonesia di Jepang) periode tahun 2001-2003, dan Ketua Umum IECI Japan (asosiasi ilmiah di bidang elektronika dan informatika) periode tahun 2001-2002.

Mendapat penghargaan dari PBB pada pertemuan puncak WSIS (World Summit on Information Society) pada tahun 2003 di Jenewa, Swiss, dengan penghargaan the Continental Best Practice Examples in the Category eLearning (IlmuKomputer.Com).

wsis.JPG

elearningaward2006.jpg

Pada tahun 2006 mendapatkan penghargaan e-Learning Award 2006 dari Depdiknas untuk kategori e-Learning Provider (Brainmatics). Pada tahun 2008, situs blog RomiSatriaWahono.Net mendapatkan penghargaan sebagai Blog Edukatif Terbaik dari Depdiknas (Pustekkom) pada event e-Learning Award 2008. Selain itu juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai peneliti terbaik dari ISTECS dan LIPI pada tahun 2004 dan 2006.

 

romi-award-blogedukatif-pustekkom

Kontak dan informasi lebih lanjut dapat melalui: