Inilah Pemenang Lomba Multimedia Pembelajaran 2007

mulimediapembelajaran.jpgSetelah melewati penjurian tahap pertama dan tahap terakhir, yang kemudian dilanjutkan dengan 4 hari workshop perbaikan karya multimedia pembelajaran. Akhirnya tanggal 4 desember 2007 kemarin diumumkanlah para pemenang lomba pembuatan multimedia pembelajaran 2007 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen atau dulu bernama Dikmenum), Depdiknas. Pemenang lomba terbagi menjadi empat urutan dengan jenis dan besar hadiah yaitu: EMAS (12 Juta Rupiah), PERAK (10 Juta Rupiah), PERUNGGU (8 Juta Rupiah)dan NOMINATOR (4 Juta Rupiah). Saya atas nama dewan juri lomba multimedia pembelajaran 2007 mengucapkan selamat kepada peserta (wakil sekolah) yang telah berhasil membawa pulang penghargaan. Siapa saja mereka dengan karya apa dan dari sekolah mana saja?

Sebelumnya mungkin perlu saya jelaskan bahwa sesuai dengan keputusan dewan juri, untuk tahun 2007 ini tidak ada satupun peserta yang memenangkan penghargaan EMAS. Dan perlu diperhatikan juga bahwa tahun ini kita mempertajam konfirmasi terhadap aspek penilaian yang bernama “Software Ethics”, artinya aspek etika pada saat pengembangan multimedia pembelajaran. Pokok aspeknya terletak di orisinalitas karya dan tidak melakukan kegiatan yang tidak terpuji berhubungan dengan pembuatan karya multimedia. Termasuk didalamnya, tidak menggunakan karya orang lain, tidak memberikan karya ke orang lain untuk diikutkan lomba dengan nama orang tersebut, serta bagaimana peserta memberikan “credit” kepada orang yang membantu dalam pembuatan multmedia pembelajaran tersebut. Saya yakin ada satu dua peserta yang tidak puas dengan masalah ini. Tapi sekali lagi bahwa yang kita cari bukan hanya produk sofware multimedia yang baik, tapi juga pengembang multimedia yang memiliki attitude dan etika dalam proses produksi. Konsep ini berakar ke kenyataan bahwa melatih skill pembuat multimedia pembelajaran lebih mudah daripada melatih masalah etika dan attitude ­čÖé

Kembali ke pemenang lomba, urutannya adalah sebagai berikut:

EMAS: Tidak ada

PERAK:

  1. Suyud (SMA Immersion Ponorogo) dengan judul “Melakukan Operasi Dasar Komputer dan
    Menggunakan Operating System” (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
  2. Heru Suseno (SMAN 2 Madiun) dengan judul “Termodinamika” (Fisika)
  3. Nurkumala Sari (SMAN 97 Jakarta) dengan judul “Sifat-sifat Koloid dan Peranannya dalam Kehidupan Sehari-hari” (Kimia)
  4. Pipit Kiswieantoro (SMAK Petra 2 Surabaya) dengan judul “Melakukan Setting Peripheral II” (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
  5. Teopilus Malatuni (SMAN 1 Kaimana Papua Barat) dengan judul “Penggunaan Konsep Limit Fungsi dalam Pemecahan Masalah” (Matematika)

PERUNGGU:

  1. Ismuji (SMA Yayasan Pupuk Kaltim) dengan judul “Penerapan Konsep Vektor” (Matematika)
  2. Lina Wulandari (SMA YPPI-II Surabaya) dengan judul “Indonesian Cuisine” (Bahasa Inggris)
  3. I Nyoman Pasek (SMAN 2 Amlapura Bali) dengan judul “Pengukuran” (Fisika)
  4. Ahmad Syukri (SMAN 1 Siabu) dengan judul “Setting Periferal” (Teknologi Informasi dan Komunikasi
  5. Ariasdi (SMAN 1 X Koto Singkarak) dengan judul “Gempa Bumi dan Tsunami” (Geografi)
  6. Nina Tri Daniati (SMAN 1 Sleman) dengan judul “Pembelajaran Teori Warna” (Kesenian)

NOMINATOR:

  1. Sukaryadi (SMAN 1 Karanggede) dengan judul “Gelombang Elektromagnetik” (Fisika)
  2. Anim Hadi Susanto (SMAN 1 Geger) dengan judul “Kimia Polimer dan Seribu Satu Pernak-Pernik Polimer” (Kimia)
  3. Andi Prabowo (SMAN 1 Singorojo) dengan judul “Ikatan Kimia” (Kimia)
  4. Joko Wakhono (SMAN 1 Sulang) dengan judul “Siklus Akuntansi Jasa (Sistem Informasi)” (Ekonomi dan Akuntansi)
  5. Siswanto (SMAN 14 Semarang) dengan judul Kemagnetan (Fisika)
  6. Yadi Setiadi (SMAN 5 Bandung) dengan judul Program Linier (Matematika)
  7. Budi Djoko Chrismanto (SMAK Petra 2 Surabaya) dengan judul “Lempeng Tektonik, Gunung dan Gempa Bumi” (Geografi)
  8. Joko Triyono (SMAN 1 Prembun) dengan judul “Musik Daerah Merupakan Aset Perkembangan Budaya Setempat” (Kesenian)

Tak lupa saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh panitia, mas Gun, mbak Tin, mas Pur, mbak Wari yang tanpa kenal lelah 10 hari lebih mendampingi peserta.

Mudah-mudahan rekan-rekan yang sudah memenangkan penghargaan bisa mendidik banyak kader pengembang multimedia pembelajaran di wilayahnya masing-masing sehingga tahun depan semakin banyak muka baru yang bermunculan di lomba.

Tetap dalam perdjoeangan!

ttd-small.jpg