Apa Kompetensi dan Bidang Ilmu yang Saya Kuasai?

kompetensi.jpgSebelum saya pulang ke Indonesia tahun 2004, saya sengaja mempersiapkan paket-paket materi seminar, workshop dan kuliah yang kira-kira masuk ke core competence (kompetensi inti) saya. Materi saya kemas dalam bentuk artikel, paper dan presentasi. Sudah hampir 2 tahun lebih dari masa itu, dan sudah ratusan seminar, workshop dan kuliah dimana saya jadi pembicara didalamnya. Paket selalu saya perbaiki dan sajikan sesuai dengan kebutuhan dan latar belakang audiensi, termasuk data-data baru saya ambil dari seri journal-journal terbaru. Paket makin hari makin bertambah sesuai dengan mobilitas kegiatan, ngajar, kerja dan pengalaman baru yang saya dapat.

metroelifestyle.jpgSelama 10 tahun lalu di jepang, saya lebih banyak bicara tema advanced tentang penelitian (research) yang saya kerjakan dalam event international conference, workshop, working group (kalangan peneliti terbatas). Kompetensi inti saya sebenarnya adalah di bidang Software Engineering, eLearning System dan Knowledge Management. Fokus penelitian saya selama di Saitama University di sekitar tiga bidang ilmu tersebut. Selama di Indonesia, bidang garapan saya bertambah dengan Computer Network dan Documentation Science. Ini karena saya kebetulan di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) bekerja di Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII). PDII selain memiliki TuPoksi (tugas pokok dan fungsi) mengadakan layanan dan penelitian bidang Library and Documentation Science, juga menjadi Regional Academy (RA) Cisco. Kebetulan salah satu SDM yang dikirim adalah saya untuk menyelesaikan pendidikan 4 Semester Cisco Networking Acaedemy Program (CNAP), di Cisco Academy Training Center (CATC), Nanyang Technological University (NTU) Singapore. Sehingga dua bidang itu juga menjadi garapan saya saat ini.

Selain core competence resmi saya diatas, saya juga punya hobi mengerjakan berbagai hal lain. Hobi ini kemudian menghasilkan hasil (result) dan pengalaman (experience) yang kemudian saya sering share ke orang lain (publik). Tema yang termasuk hobi saya misalnya adalah Community Building, Community Leadership, Linux, Opensource, dan Computer Security. Meskipun demikian, saya bukan superman yang mengerti secara mendalam seluruh cabang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Saya sering menolak berbagai undangan seminar atau workshop yang memberikan tema yang tidak saya kuasai dengan baik, meskipun saya biasanya memberi solusi ke panitia dengan memberi referensi siapa yang competence di tema tersebut.

rakbukuku.jpgSaya punya keinginan kuat untuk belajar, atau teman-teman saya sering mengatakan bahwa saya rakus ilmu ๐Ÿ™ Mungkin ini ada benarnya, dan sebenarnya sudah jadiย  penyakit yg tidak sembuh-sembuh ๐Ÿ˜‰ Semasa duduk di bangku kuliah di Saitama University, Jepang, sayaย sering mengambil mata kuliah jurusan lain. Bahkan pada saat tingkat 4 saya mendapat warning dari profesor saya untuk tidak mengambil kuliah lagi karena overdosis, dan lulus dengan total kredit lebih dari 170 (syarat kelulusan program S1 sekitar 118 SKS). Saya suka membaca dan belajar bidang apapun yang belum saya kuasai. Koleksi buku di rumah juga sudah terlalu banyak, enam rak buku saya sudah cukup membuat ruang tamu penuh dan istri saya kerepotan untuk merawatnya. Dan untungnya tamak dalam ilmu adalah behavior yang baik dan sangat dianjurkan oleh agama ๐Ÿ˜‰ Dan secara tidak sadar, orientasi dalam belajar adalah untuk mengajarkannya kepada orang lain. Begitu membaca sebuah buku, saya selalu berorientasi bagaimana saya membuat penjelasan yang lebih mudah untuk saya sampaikan ke orang lain. Mungkin ini karena sebagian besar aktifitas saya ada di dunia akademisi (kampus), baik semasa di Jepang maupun di Indonesia.

BTW, Sedikit berbeda dengan research activity yang saya lakukan di Jepang, di Indonesia saya menemukan market baru yang lebih inklusif, umum dan jumlahnya sangat besar. Saya mulai memodifikasi tema-tema yang dulu saya buat untuk memenuhi target inklusif ini. Kalau dari susunan piramida, saya mengambil setengah lapis ke bawah dan bukan setengah lapis ke atas yang lebih ekslusif dan sedikit jumlahnya. Lebih banyak masyarakat awam, lebih banyak yang memerlukan solusi dan pencerahan yang komprehensif berhubungan dengan teknologi informasi. Kondisi SDM di Indonesia kita saat ini masih seperti itu, dan ini adalah sebuah tantangan. Saya justru ingin mengajak rekan-rekan aktifis teknologi informasi lain untuk memperhatikan masalah ini. Jangan keasyikan di jenis publik yang high level, karena teman-teman di daerah (pemda), instansi pemerintah dan sekolah-sekolah SD/SMP/SMA juga harus kita sentuh dan perhatikan.

Biasanya ketika diundang menjadi pembicara, saya menyiapkan dua hal: paper dan presentasi. Judul biasanya saya sesuaikan dengan tema besar seminar/workshop. Teknik penyampaian, paper dan presentasi saya sesuaikan dengan latar belakang audiens (peserta) yang hadir. Sehingga yang biasa saya tanyakan ke panitia adalah tentang:

  • Tema Besar Acara (mengatur objective materi dan isi yang saya bawakan)
  • Latar Belakang Peserta (mengatur level materi dan teknik penyampaian)

Berikutย saya share beberapa topik materi yang saya kuasai dan pernah saya bawakan. Saya susun judul berdasarkan kategori bidang.

1. Teknologi Informasi Umum
– Pengantar Teknologi Informasi
– Pengantar Internet
– IT dan Pornografi
– Teknik Presentasi IT yang Menarik
– Teknik Pembuatan Presentasi Ilmiah Interaktif

2. Documentation and Library Science
– Ilmu Dokumentasi, Perpustakaan dan Pemanfaatannya
– Pemanfaatan IT dalam Perpustakaan
– Pengantar Digital Library
– Teknik Pengembangan Sistem Digital Library
– Sistem Otomasi Perpustakaan
– Teknik Mengembangkan Sistem Otomasi Perpustakaan
– Pengarsipan Digital dan Tekniknya

3. Knowledge Management
– Pengantar Knowledge Management
– Knowledge Management dan Tool
– Teknik Pengembangan Knowledge Management System

4. IT and Education
– Teknologi Informasi untuk Pendidikan
– Pengantar eLearning
– Teknik Pengembangan eLearning
– Pengantar Multimedia Pembelajaran Interaktif
– Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
– Software Engineering dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif

5. Linux and Computer Security
– Linux Fundamental
– Administrasi di Linux
– Security di Linux
– Linux dan Opensource
– Linux untuk Bisnis
– Dasar-Dasar Keamanan Komputer dan Jaringan
– Konsep dan Teknik Intrusi Sistem
– Web Hacking Teknik dan Tool
– Cybercrime and Cyberlaw

6. Computer Network
– Pengantar Jaringan Komputer
– Wireless Networking dan Teknik Instalasi
– Networking Basics (CCNA 1 CNAP)
– Routers and Routing Basics (CCNA 2 CNAP)
– Switching Basics and Intermediate Routing (CCNA 3 CNAP)
– WAN Technologies (CCNA 4 CNAP)

7. Community Building
– Community Building dengan Case Study IlmuKomputer.Com
– Community Leadership: Concept and Practice
– Pengembangan SDM IT dan Tekniknya
– Mengenal IlmuKomputer.Com
– Strategi Membangun Pelatihan IT
– IT Leadership and Management

8. Programming and Database
– Konsep dan Praktek Basis Data
– Pengantar Web Portal
– Pengantar Content Management System (CMS)
– Teknik Cepat pengembangan Web dengan CMS
– Database System (Mata Kuliah)
– Web Programming dengan PHP dan MySQL (Mata Kuliah)
– Java Programming (Mata Kuliah)
– C Programming (Mata Kuliah)
– Algoritma dengan Bahasa C (Mata Kuliah)

9. Software Engineering and Project Management
– Object Oriented Analysis and Design dengan OMT
– Object Oriented Analysis and Design dengan UML
– UML dengan Rationale Rose
– Pengantar Software Engineering
– Requirement Engineering
– Design Pattern
– Software Project Management (Mata Kuliah)
– Software Engineering (Mata Kuliah)
– Advanced Topics on Software Engineering (Mata Kuliah)