DKV: Sekolah Calon Animator dan Graphic Designer

animasi.jpgMelanjutkan artikel saya tentang tips dan trik memilih jurusan komputer, banyak mahasiswa yang cita-citanya menjadi animator (pembuat animasi dan karakter) dan graphic designer (desainer grafis) akhirnya harus melongo dan menyesal karena salah masuk ke jurusan komputer (computing). Atau akhirnya malah DO karena memang nggak senang dengan ilmu logika, pemrograman dan algoritma :) Ya, jurusan komputer (computing) bukanlah tempat bagi orang yang ingin belajar lebih dalam tentang desain grafis, animasi, ilustrasi, periklanan, dsb. Tempat yang paling tepat adalah di jurusan atau program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) atau bahasa inggrisnya Visual Communication Design (VCD).

Lho kan ada mata kuliah computer graphics di jurusan teknik informatika? Benar, hanya jangan sampai salah paham, seharusnya mata kuliah computer graphics itu mengajarkan tentang teori, konsep dan pengembangan algoritma computer graphics. Bukan malah ngajari mahasiswa bagaimana menggunakan Adobe Photoshop, Coreldraw, Gimp, Flash atau software grafis/animasi lainnya, karena itu semua tugas orang desain komunikasi visual. Jadi kesimpulannya, benar bahwa orang komputer-lah yang mengembangkan berbagai teori dan algoritma computer graphics, tapi yang mikirin bagaimana cara membuat gambar desain dan animasi yang baik, cantik dan berseni adalah orang desain komunikasi visual.

Sayangnya banyak calon mahasiswa yang merasa gengsi masuk ke jurusan DKV karena biasanya ada di bawah fakultas Seni Rupa. Padahal sebenarnya ini bidang yang tepat untuk para calon desainer grafis dan animator. Secara disiplin ilmu, Desain Komunikasi Visual ini memiliki cabang ilmu diantaranya adalah: Ilustrasi, Fotografi, Tipografi, 3 Dimensi, Multimedia, Elektronik Media, Animasi, Periklanan, Percetakan, Penerbitan, dsb. Dan punya irisan yang sinergis dengan bidang ilmu komunikasi, ilmu sosial budaya, ilmu ekonomi, ilmu psikologi dan ilmu komputer.

Jangan takut bahwa nanti kalau masuk jurusan DKV terus jadi gaptek komputer, justru di jurusan DKV itulah kita diajari konsep seni, visual, ilustrasi, animasi yang semuanya menggunakan komputer sebagai alat bantunya. Mahasiswa akan tetap ngoprek komputer, hanya yang dioprek berhubungan dengan pengembangan produk-produk seni, desain dan grafis, termasuk diantaranya belajar membuat animasi, desain gambar, iklan, fotografi, dsb. Bidang Seni Rupa saat ini bukan hanya tentang patung atau lukisan seperti yang kita bayangkan :) Pengembangan konten e-Learning seperti di bawah ini adalah termasuk garapan orang Desain Komunikasi Visual.

This movie requires Flash Player 8

Jangan sampai salah jurusan hanya karena gagah-gagahan, gensi, ikutan teman atau alasan-alasan konyol lain. Pilih karena memang sesuai dengan yang kita cita-citakan selama ini.

Selamat berdjoeang !

ttd-small.jpg