Kompetisi Business Plan dan Entrepreneurship di UKSW 26 Jul2007

Tags

Related Posts

Share This

Kompetisi Business Plan dan Entrepreneurship di UKSW

Saya lihat 2-3 tahun terakhir ini mulai banyak universitas di Indonesia yang memasukkan tema entrepreneurship sebagai mata kuliah wajib atau pilihan untuk jurusan dan fakultas computer science. Tentu jalan entrepreneur adalah alternatif karir menarik bagi mahasiswa selain menjadi “tukang IT” dengan bekerja di perusahaan. Kebetulan tanggal 24 Juli 2007 kemarin saya diundang teman-teman ke UKSW Salatiga untuk ngisi seminar tentang entrepreneurship. Dilanjutkan dengan menjadi juri untuk kompetisi business plan di siang harinya. Saya bareng dengan pak Benny Ranti (UI, KADIN) dan pak Eka Simanjuntak (PT Wacana Tata Akademika). Cikal bakal kompetisi business plan adalah dari mata kuliah entrepreneurship di Fakultas Teknologi Informasi UKSW yang digawangi pak Johan. Total 50 proposal masuk, kemudian disaring menjadi 10 proposal untuk maju di babak final dimana peserta harus mempresentasikan dan mempertahankan proposal mereka.

businessplancomp0.jpg

Parameter penilaian relatif agak diperingan, karena sebenarnya objective utamanya adalah untuk latihan. Dua aspek besar yang dinilai adalah dari konten (ide, originalitas, uniqueness, teamwork, logika bisnis, dsb) dan dari kemampuan presentasi (teknik penyampaian, kemampuan argumentasi, penggunaan waktu, penggunaan alat bantu, dsb). Yang bikin seru, karena presentasi di floor dan dihadiri seluruh mahasiswa, jadi mirip kontes Indonesian Idol hehehe. Jadi pingin bikin event IT Idol nih 😉

Tim bernama AdNix Software Developer menampilkan proposal bisnis membangun aplikasi manajemen sekolah. Tim AgriDigital Business ingin mencoba membangun pusat informasi untuk pertanian di wilayah salatiga dan sekitar (Joglosemar). Tim ITBay juga ingin membangun aplikasi manajemen sekolah, hanya keunggulannya adalah aplikasi lebih terintegrasi karena menyatukan berbagai fitur-fitur yang biasanya disediakan beberapa aplikasi yang berbeda (digital library, manajemen sekolah, manajemen finansial sekolah, dsb). Satu lagi yang cukup unik adalah sajian dari tim bernama MEISY, usaha yang pingin dibangun adalah “one stop service for pet” 😉 Mau membangun usaha perawatan, pemandian, pelatihan, pemrotretan, jual beli sampai biro jodoh untuk hewan piaraan (pet). Uniquenessnya cukup tinggi, menarik untuk dilakukan di kota besar seperti Jakarta, tapi sayangnya sedikit meleset targettingnya untuk wilayah seperti Salatiga. Tim yang lainnya lagi, ada yang ingin membangun usaha pusat informasi dan periklanan Salatiga, usaha game untuk pendidikan, dsb.

Secara umum, saya ingin memberikan applaus untuk mahasiswa dan mahasiswi UKSW Salatiga yang cukup antusias dan serius mempersiapkan business plannya. Saya pikir pengalaman hari ini menjadi satu pembekalan yang baik untuk langkah berikutnya, yaitu berhadapan dengan investor sesungguhnya. Selamat untuk yang memenangkan penghargaan pertama, kedua dan ketiga. Tetap pantang menyerah untuk yang kali ini belum berkesempatan menjadi yang terbaik.

Beberapa foto kompetisi ini saya lampirkan di bawah. Peserta sedang in action mempresentasikan business plan mereka. Klik untuk memperbesar gambar.

businessplancomp6.jpg businessplancomp4.jpg businessplancomp3.jpg
businessplancomp2.jpg businessplancomp1.jpg businessplancomp5.jpg

Kampus lain gimana nih, bikin yuk?

ttd-small.jpg