Menang di e-Learning Award 2008 Kategori Blog Edukatif

elearningaward.jpgSekedar menyampaikan kabar gembira ūüôā ,¬†alhamdulillah RomiSatriaWahono.Net mendapatkan penghargaan dari Depdiknas (Pustekkom) pada event¬†e-Learning Award 2008, khususnya untuk kategori Blog Edukatif. Acara penganugerahan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2008 di Gedung Pewayangan, Taman Mini Indonesia Indah, yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan Nasional (Bambang Sudibyo) dan Menteri Riset dan Teknologi (Kusmayanto Kadiman).

Pada proses penjurian, saya menyampaikan presentasi tentang dua layanan utama yang saya kembangkan, yaitu: Personal Blog Edukatif (RomiSatriaWahono.Net) dan eUniversity eLearning System (University.RomiSatriaWahono.Net). Objective utama dari RomiSatriaWahono.Net, sesuai dengan yang saya tulis di header blog ini, adalah untuk learning, researching, writing, teaching, motivating and inspiring people. Tema bahasan adalah bidang yang saya geluti selama ini, yaitu: software engineering, game technology, eLearning, research methodology, entrepreneurship, open source movement, knowledge management, internet marketing.

Uniqueness yang saya tonjolkan adalah, bagaimana saya dengan menggunakan bahasa sederhana alias bahasa manusia bisa mencerahkan orang lain, menyebarkan ilmu pengetahuan, meng-inspirasi dan me-motivasi orang lain supaya produktif menghasilkan hal yang bermanfaat untuk masyarakat. Statistik dari layanan juga saya sampaikan secara lengkap yang saya ambil dari Webalizer dan Google Analytics. Daily hits yang mencapai 150.000 perhari dengan size download mencapai 60GB perbulan adalah hasil sementara dari layanan yang mulai saya garap serius sejak awal tahun 2006.

rswnet.jpg

Penghargaan e-Learning Award dari Depdiknas sebenarnya bukan hal baru bagi aktifis IlmuKomputer.Com, karena di tahun 2006, Brainmatics juga pernah mendapatkan penghargaan e-Learning Award 2006 untuk kategori e-Learning provider.

Daftar lengkap pemenang untuk seluruh kategori adalah seperti di bawah:

Kategori Blog Edukatif:

  1. http://romisatriawahono.net/ (Romi Satria Wahono)
  2. http://www.chem-is-try.org/ (Soetrisno)
  3. http://istiyanto.com/ (Heribertus Heri Istiyanto)

Kategori Corporate:

  1. http://www.telkom.co.id/ (PT. Telkom)
  2. http://www.indosat.com/ (PT. Indosat Tbk.)
  3. http://www.bii.co.id/ (Bank Internasional Indonesia)

Kategori Pengembang Konten dan Software E-Learning:

  1. http://www.bamboomedia.net/ (PT.Bamboomedia Cipta Persada)
  2. http://www.invir.com/ (Indonesian Virtual Company)
  3. http://www.binus.ac.id/ (Universitas Bina Nusantara)

Kategori: e-Learning Pendidikan Tinggi:

  1. http://fe.unibraw.ac.id/ (Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya)
  2. http://web.ipb.ac.id/~tepfteta/ikon (Institut Pertanian Bogor)
  3. http://mathematics.its.ac.id/ (Jurusan Matematika FMIPA ITS)

Mungkin perlu saya beri catatan, bahwa bagi saya sendiri, award, penghargaan dan selebritas bukanlah tujuan utama dan juga bukan tujuan penting dari perdjoeangan yang saya lakukan. Tapi kadang formal recognition seperti ini bisa menjadi tambahan energi dan juga memberi energi baru serta memotivasi teman-teman semua untuk berdjoeang. Mari kita ber-fastabiqul khairat, berlomba-lomba berbuat kebajikan, dan Insya Allah kegiatan positif kita dalam knowledge sharing ini bisa memberi manfaat bagi masyarakat Indonesia di manapun berada.

Sahabat-sahabatku semua, para pedjoeangku semua di manapun berada, jangan pernah padam semangat dan cita-cita. Masyarakat masih menunggu karya-karya kita yang lain untuk menuju ke masa depan Indonesia yang lebih baik. Perbaikan di republik ini tidak harus dimainkan dari sisi politik belaka, tapi juga bisa dari sisi teknologi dan juga perbaikan kualitas individu melalui cara non-formal berbagi pengetahuan yang bisa diakses bebas oleh siapapun lewat Internet.

Tetap dalam perdjoeangan!

ttd-small.jpg