Desain Baru IlmuKomputer.Com

Sudah hampir setahun IlmuKomputer.Com menggunakan desain warna hitam. Banyak kritik yang masuk, intinya pingin supaya warnanya lembut seperti dulu lagi. Ehm .. ngalah deh ­čśë Akhirnya kemarin saya ganti desain theme IlmuKomputer.Com menjadi bentuk seperti sekarang, dasar putih dengan sedikit permainan warna di font. Intinya ada tiga visi (halah┬ápakai visi┬ásegala :)) yang ingin saya kejar. Yang┬ápertama, desain harus sangat simple dan navigasinya mudah. Yang kedua warna lebih cerah, tidak gelap atau terlalu terang┬ádan enak dilihat. Yang ketiga, saya ingin supaya efisien di user interface. Mudah-mudahan ini bisa ngurangi pemakaian resource server terutama CPU dan memory, yang membuat IlmuKomputer.Com agak berat diakses seperti selama ini.┬áUntuk sasaran ketiga ini saya mencoba ngoprek theme yang fully┬ámenggunakan technology AJAX. Dan jeng, jeng, jeng … jadilah seperti ini …

ikc-screenshoot.gif

Hasil ujicoba dari markas IlmuKomputer.Com di Menara Bidakara dengan koneksi Cable Vision + Indosat (SOHO), situs IlmuKomputer.Com relatif ringan diakses. Saya masih bisa ngoprek server meskipun di siang hari, saat traffic-nya lagi kenceng-kencengnya. Kalau dulu, saya harus hindari masuk server IlmuKomputer.Com di siang hari, karena lambat dan malah mengganggu kunjungan. Tanggal 1 Oktober 2007 kemarin, hari pertama saya gunakan desain baru, tercatat 363.696 daily hits, 318.357 file didownload, 52.381 halaman diakses, dan total transaksi file mencapai 5GB. Alhamdulillah server masih relatif tenang. Loading AJAX mungkin agak berat di awal, setelah itu pengaksesan halaman lumayan cepat. AJAX sedikit bikin bingung ketika kita akses ke link page berkali-kali, termasuk beberapa kadang gagal dilakukan. Saya masih nyari info untuk benerin masalah satu ini.

Terakhir, meskipun secara teknis sudah lulus uji validasi xHTML 1.1 :), saya yakin pasti masih banyak kekurangan di berbagai tempat. Saya akan terus perbaiki dari masukan yang ada. Mohon kritik dan saran dari rekan-rekan sekalian, baik aktifis, kontributor, penulis atau pemerhati IlmuKomputer.Com.

Tetap dalam perdjoeangan !

ttd-small.jpg