Memaknai Kuliah dan Mempersiapkan Diri di Dunia Kerja 13 Dec2006

Tags

Related Posts

Share This

Memaknai Kuliah dan Mempersiapkan Diri di Dunia Kerja

banisaleh.JPGSabtu, 9 Desember 2006 saya mengisi seminar di STMIK Bani Saleh Bekasi, yang mengambil tema tentang kuliah dan dunia kerja. Tema yang menarik, dan saya memang sering share dan diundang BEM kampus-kampus untuk berbicara masalah bagaimana mahasiswa mempersiapkan diri di masa kuliah sehingga siap masuk ke dunia kerja. Sayangnya kondisi badan masih dalam keadaan flu berat sejak hari kamis, sehingga suara tidak bisa lantang seperti biasanya, meskipun semangat tetap membara (halah !) 😉 . Di setiap kampus biasanya memang ada provokator yang membuat banyak kegiatan berjalan, saya lihat mas Masim Sugianto alias Vavai berperan di sini 🙂 .

Seperti biasa materi diskusi saya tentang bagaimana saya dulu berdjoeang semasa kuliah di Jepang, apa yang saya lakukan, bagaimana memaknai kuliah, mematangkan konsep yang di dapat di sekolah dengan arubaito (kerja part time) atau mengerjakan project riil, juga membina leadership dengan aktif di organisasi mahasiswa. Mulai membina usaha dan project kreatif yang dibutuhkan banyak orang, supaya pada saat kita lulus, disamping dapat degree (keunggulan dejure) kita juga dapat keunggulan defacto dari usaha-usaha kreatif yang kita lakukan. Di akhir saya juga cerita sedikit tentang entrepreneurship yang juga bisa lahir dari usaha kreatif tersebut, mirip seperti yang saya ceritakan di artikel Jadi Pebisnis IT Siapa Takut?.

Materi yang saya sampaikan dapat di download dari sini, berformat PDF. Puluhan slide yang berisi gambar dan animasi terpaksa saya delete untuk memperkecil ukuran file. Silakan kalau ada yang memerlukan 😉

ttd-small.jpg