Penjurian Tahap Awal Lomba Pembuatan Media Pembelajaran 2006

penjurian0.jpgLomba yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (Dikmenum), Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) ini diperuntukkan bagi komunitas sekolah (guru dan siswa) tingkat SMA/MA, dimana mereka diminta membuat media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Ada dua kategori yang diperlombakan, yaitu Software Pembelajaran Mandiri (SPM) dan Media Presentasi Pembelajaran (MPP). SPM adalah software untuk bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran secara mandiri, sehingga peran guru tidak dominan. Sedangkan MPP adalah alat bantu guru dalam menunjang proses pembelajaran di jelas, berisi pokok-pokok materi yang dapat mempermudah guru menerangkan suatu materi, dan dapat mempercepat siswa dalam memahaminya.

Dalam periode tiga tahun (2004-2006) ini, saya diminta untuk memimpin proses penjurian dari tahap awal sampai akhir penentuan pemenang. Proses penjurian meliputi, tahap administratif (penilaian kelengkapan administratif), tahap awal (penilaian menyeluruh terhadap media pembelajaran) dan tahap akhir (presentasi langsung dari pembuat karya di Jakarta). Ada empat aspek utama yang dinilai dari sebuah media pembelajaran, yaitu aspek substansi materi, aspek desain pembelajaran, aspek rekayasa perangkat lunak dan aspek komunikasi visual. Khusus untuk aspek rekayasa perangkat lunak, saya pernah bahas secara mendetail di artikel di blog ini.

Tanggal 1-4 Nopember 2006 kemarin, dewan juri telah menyelesaikan tahap awal penilaian terhadap karya yang masuk. Tahun 2006 ini, jumlah total karya yang masuk adalah 234, dimana 84 karya dalam kategori SPM, dan 150 karya dalam kategori MPP. Karya dari SMA Negeri dan Swasta masih dominan dengan total 218 karya, meskipun demikian MA Negeri dan Swasta meningkat dari tahun sebelumnya karena tahun ini bisa mengirim total 16 karya. Dewan juri berusaha keras siang dan malam untuk memilah dan memilih dengan kriteria penilaian yang sudah disepakati bersama pada proses penjurian. Selain jumlahnya yang sangat banyak, penjurian tahap awal ini juga menggunakan sistem dua babak, babak scanning dan babak penjurian detail. Semua untuk membuat penjurian lebih objektif, fokus dan tidak ada yang terlewat. Terima kasih untuk semua tim juri yang merupakan wakil dari berbagai institusi, diantaranya adalah Universitas Negeri Jakarta, Institut Teknologi Bandung (ITB), Pustekkom, LIPI, dan IlmuKomputer.Com.  Dari proses penjurian tahap awal tersebut dewan juri telah memilih 25 karya di masing-masing kategori (SPM dan MPP), yang siap untuk melanjutkan ke tahap penjurian berikutnya yaitu presentasi.

Saya mencatat, selain ada kenaikan dalam segi kuantitas karya yang masuk, juga kualitas karya yang masuk relatif lebih tinggi daripada tahun-tahun sebelumnya. Kalau tahun-tahun sebelumnya karya-karya dengan kualitas tinggi diwakili karya-karya dari mata pelajaran matematika dan fisika, tahun ini Agama Islam, Sejarah, Geografi, PKn, Bahasa dan Kesenian sudah mulai unjuk gigi. Ini saya pikir suatu hal yang positif karena terlihat bahwa upaya sosialisasi dan pembinaan sudah menunjukkan hasil, dan mulai tumbuh motivasi dari komunitas sekolah (guru dan siswa) di berbagai bidang mata pelajaran secara merata.

Ketika tulisan ini saya publish saya yakin bahwa peserta yang layak untuk masuk tahap penjurian berikutnya sudah dihubungi panitia, dan bahkan mungkin sudah berada di Jakarta untuk bersiap diri mempresentasikan hasil karyanya. Jadwal penjurian selengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. 1-4 Nopember 2006 (Penjurian Tahap Awal)
  2. 8-9 Nopember 2006 (Penjurian Presentasi)
  3. 10-13 Nopember 2006 (Asistensi dan Perbaikan Karya)
  4. 14 Nopember 2006 (Pengumuman dan Penganugrahan Pemenang)

Saya ucapkan selamat untuk ke-50 peserta yang masing-masing mewakili sekolahnya untuk menjalani penjurian tahap akhir di Jakarta. Mudah-mudahan bisa menampilkan secara maksimal karya yang sudah dibuat pada saat presentasi. Dan jangan lupa untuk menggunakan kesempatan untuk melakukan perbaikan karya dan serta menjalin networking dengan rekan-rekan sesama guru yang concern dalam pengembangan media pembelajaran berbasis TIK.

Saya juga sempat mengambil beberapa gambar pada saat proses penjurian, baik di kategori MPP maupun SPM. Sorry untuk mas Hendro karena acara tidurnya juga tercapture :)

penjurian1.jpg

penjurian2.jpg

penjurian3.jpg

penjurian4.jpg

ttd-small.jpg