Pilih Mana, CCNA Discovery atau Exploration?

ccnadiscovery.gifMeskipun sudah direlease sejak pertengahan tahun 2007 lalu, sepertinya tidak banyak Cisco Local Academy (LA) yang bergerak cepat membuat kelas CCNA dengan menggunakan kurikulum baru yaitu Discovery dan Exploration. Ini bisa dimaklumi karena perubahan kurikulum dari versi 3.1 ke 4.0 ini sangat signifikan dan membuat instruktur LA harus belajar lagi alias keluar dari comfort zone CCNA v.3.1 semester 1-4 yang legendaris itu. Di sisi lain, calon peserta atau siswa mungkin juga bingung harus memilih kelas CCNA mana yang harus diambil, apakah Discovery atau Exploration. Ini berhubungan dengan anggaran, karena kurikulum baru CCNA berkembang dari materi berdurasi 4 semester menjadi 8 semester 🙁 Apa perbedaan keduanya, pilih yang mana dan bagaimana tahapan belajarnya? Yuk kita bahas tentang dua kurikulum baru Cisco CCNA ini.

Perubahan kurikulum CCNA secara umum dapat dilihat dari gambar di bawah. Pada desain kurikulum lama boleh dikatakan bahwa karir pekerjaan networking dasar tercukupi dengan kurikulum FUNDAMENTALS seperti IT Essentials. Sedangkan CCNA didesain untuk karir pekerjaan di Small and Medium Business Networking, dan CCNP untuk jenjang karir diatasnya yaitu Enterprise Networking.

 kurikulumlama.gif

Karena kecepatan perkembangan jaringan komputer, kebutuhan akan berbagai solusi baik dalam aspek aplikasi maupun teknologi juga semakin tinggi. Cisco memutuskan memecah kurikulum CCNA berdasarkan dua aspek ini. Materi yang mengarah ke aplikasi (applied aspect) dikumpulkan ke CCNA Discovery, sedangkan yang mengarah ke teknologi (technological aspect) termasuk pendalaman teori dan konsep dimasukkan ke kurikulum CCNA Exploration. Dengan kata lain, secara kurikulum positioning CCNA Discovery adalah untuk Fundamental Learning, sedangkan CCNA Exploration adalah Advanced Learning. Yang pasti perubahan ini mengakomodasi perubahan materi ujian sertifikasi CCNA industri yang bergerak dari 640-801 menjadi 640-802.

kurikulumbaru.gif

Kalau kita analisa lebih dalam, sebenarnya ada sedikit bau marketing strategy dari Cisco pada perubahan kurikulum ini. Seperti kita ketahui bersama, branding CCNA melesat jauh dibandingkan dengan sertifikasi FUNDAMENTALS seperti IT Essentials. Di lain pihak, CCNP terasa di awang-awang karena kebutuhan SDM di perusahaan-perusahaan tidak sampai ke knowledge yang ada di kurikulum CCNP. Ketimpangan ini dicoba diselaraskan Cisco dengan memecah kurikulum CCNA, sehingga diharapkan targeting karir dasar, menengah dan atas tetap menggunakan brand CCNA, yaitu CCNA Discovery untuk level karir dasar-menengah dan CCNA Exploration untuk level karir menengah-atas.

Oh ya perubahan besar juga terjadi di desain materi multimedia. Pada kurikulum baru ini, Cisco benar-benar memaksimalkan pembelajaran berbasis multimedia termasuk didalamnya meningkatkan kualitas gambar, animasi dan penggunaan game untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi. Penggunaan xml format juga sangat mempermudah proses penerjemahan materi. Sebagai informasi, teman-teman di IlmuKomputer.Com sedang berusaha menerjemahkan materi discovery dan exploration ke bahasa Indonesia. Mudah-mudahan dalam beberapa bulan ke depan, semua materi bisa kelar diterjemahkan. Saya juga sudah berusaha menginformasikan masalah usaha penerjemahan ini ke teman-teman di Cisco Indonesia, sayangnya belum ada sambutan positif 🙁

materibaru.gif

Nah, kalau kita masih belum bisa juga memutuskan mengambil yang mana, mari kita putuskan dari jawaban beberapa pertanyaan di bawah:

  • Bagaimana kemampuan akademik kita?
    CCNA Discovery didesain untuk siswa dengan skill komputer dasar. Sedangkan CCNA Exploration didesain untuk siswa dengan skill lebih tinggi termasuk kemampuan analisa dan pemecahan masalah. Tepat untuk mahasiswa di fakultas teknik atau mipa.
  • Apakah kurikulum CCNA v3.1 terasa susah atau mudah, khususnya di bagian teori dan konsep?
    CCNA Discovery ditujukan bagi anda yang menjawab CCNA v3.1 terasa sangat sulit. Sebaliknya CCNA Exploration ditujukan bagi yang merasa CCNA v3.1 mudah dan perlu tantangan yang lebih. Sekali lagi, CCNA discovery mengajarkan jaringan komputer dalam tataran aplikasi yang langsung berhubungan dengan masalah keseharian di dunia jaringan dan lingkungannya, termasuk menyajikan teori umum dan praktek lab yang lebih mudah diikuti. Sedangkan CCNA exploration mengajarkan jaringan komputer dalam tataran teknologi dan konsep diiringi dengan praktek lab yang lebih kompleks. Tentu hal ini memungkinkan siswa meningkatkan skill dan pengetahuan secara komprehensif selevel akademi dan universitas.

Sebagai tambahan, secara materi bisa kita simpulkan bahwa CCNA Discovery hampir 90% adalah materi baru, sedangkan CCNA Exploration adalah materi CCNA v3.1 plus pendalaman teori dan konsep. Lengkapnya lihat gambar di bawah tentang komparasi CCNA v3.1 dengan CCNA Discovery dan Exploration.

31vsdiscovery.gif  

31vsexploration.gif

Daftar materi lengkap dari dua kurikulum ini ada di bawah. Juga bisa didapatkan dari situs resmi Cisco Networking Academy. Klik link di bawah untuk melihat video Curriculum Tour masing-masing. Jadi pilih yang mana nih? Saya yakin anda sudah tahu jawabannya 🙂

CCNA DISCOVERY 4.0

Discovery 1: Networking for Home and Small and Businesses

  1. Personal Computer Hardware
  2. Oprating Systems
  3. Connecting to the Network
  4. Connecting to the Internet Through an ISP
  5. Network Addressing
  6. Netwok Services
  7. Wireless Technologies
  8. Basic Security
  9. Throubleshooting Your Network

Discovery 2: Working at a Small to Medium Business or ISP

  1. The Internet and Its Uses
  2. Help Desk
  3. Planning a Network Upgrade
  4. Planning the Addressing Structure
  5. Configuring Network Devices
  6. Routing
  7. ISP Services
  8. ISP Responsibilty

Discovery 3: Introduction Routing and Switching in the Enterprise

  1. Networking in the Enterprise
  2. Exploration the Enterprise Network Infrastructure
  3. Switching in an Enterprise Network
  4. Addressing in an Enterprise Network
  5. Routing with a Distance Vector Protocol
  6. Routing with a Link-State Protocol
  7. Implementing Enterprise WAN Links
  8. Filtering Traffic Using Access Control List
  9. Troubleshooting an Enterprise Network

Discovery 4: Designing and Supporting Computer Networks

  1. Introdduction Network Design Concepts
  2. Gathering Network Requirements
  3. Characterizing the Existing Network
  4. Identifying Application Impacts on Network Design
  5. Creating the Network Design
  6. Using IP Addressing in the Network Design
  7. Prototyping the WAN

CCNA EXPLORATION 4.0

Exploration 1: Network Fundamentals

  1. Living in a Network-Centric World
  2. Communicating over the Network
  3. Application Layer Functionality and Protocols
  4. OSI Transport Layer
  5. OSI Network Layer
  6. Addrssing the Network-IPv4
  7. Data link Layer
  8. OSI Physical Layer
  9. Ethernet
  10. Planing and Cabling Networks
  11. Configuring and Testing Your Network

Exploration 2: Routing Protocols and Concept

  1. Introduction to Routing and Package Forwarding
  2. Static Routing
  3. Introduction to Dynamic ROuting Protocols
  4. Distance Vector Routing Protcols
  5. RIP version 1
  6. VLSM and CIDR
  7. RIP version 2
  8. The Routing Table: A Closer Look
  9. EIGRP
  10. Link-State Routing Protocols
  11. OSPF

Exploration 3:  LAN Switching and Wireless

  1. LAN Design
  2. Basic Switch Concepts and Configuration
  3. VLANs
  4. VTP
  5. STP
  6. Inter-VLAN Routing
  7. Basic Wireless Concepts and Configuration

Exploration 4:  Accessing the WAN

  1. Introduction to WANs
  2. PPP
  3. Frame Relay
  4. Network Security
  5. ACLs
  6. Teleworker Services
  7. IP Addressing Services
  8. Network Troubleshooting

* Gambar-gambar diambil dari presentasi berjudul Cisco Networking Academy Program New CCNA Curricula
ttd-small.jpg