Rethink: Pengembangan Konten IlmuKomputer.Com

rethink.jpgSaat ini di IlmuKomputer.Com tersedia lebih dari 800 artikel, buku dan tutorial yang ditulis oleh ratusan penulis. Kebanyakan berbentuk text-based content (format pdf yang siap download dan cetak) dan ada beberapa berupa multimedia content. Sudah 4 tahun berlalu sejak saya release pertama kali di bulan April tahun 2003. Awal dulu saya cukup agresif mencari konten (strategi jemput bola), hanya sejak masuk tahun ke dua, karena artikel sudah mulai banyak saya agak stop hunting konten secara langsung. Saat ini server sudah mulai mapan di IIX atas bantuan om Akbar (Jakarta) dan mas Rizal (Bandung). Meskipun tentu saja server masih sering ngos-ngosan kalau traffic meninggi, sehingga perlu tunning dan optimisasi di sana sini supaya tidak banyak menghabiskan resource CPU dan memori server.

Saya pikir sudah waktunya untuk mulai rethink alias memikirkanร‚ย kembali bagaimana pengembangan konten di IlmuKomputer.Com. Konten boleh dikatakan nyawa dari IlmuKomputer.Com. Semakin banyak (kuantitas) dan meningkat kualitas konten akan berimplikasi ke semakin banyak pengunjung, dan ini berujung ke semakin banyak teman-teman di tanah air yang bisa memanfaatkannya. Saya bermimpi bahwa nantinya IlmuKomputer.Com akan bisa menjadi sebesar MIT OpenCourseWare, atau bahkan lebih besar daripada itu, dari segi kuantitas maupun kualitas.

Nah untuk itu saya mulai menyusun strategi lagi untuk pengembangan konten di IlmuKomputer.Com. Pemikiran yang ada di kepala saya jlenterehkan seperti point-point di bawah. Saya menunggu sumbangan ide, saran, kritik, donasi ๐Ÿ˜‰ dsb untuk mendukung terlaksananya kegiatan tersebut.

  1. Membentuk tim profesional untuk mengurusi pengembangan konten. Konsep saya, nantinya akan ada 1-2 orang fulltime or parttime yang diberi target setiap bulan menghasilkan 10-20 artikel berbobot, dan mereka mendapatkan gaji tetap bulanan. Tim ini juga nanti mulai merapikan konten yang ada, menyusun ulang dan merevisi topik, mengembangkan kurikulum ala IlmuKomputer.Com supaya gampang diikuti pembaca.

  2. Bekerjasama dengan majalah-majalah komputer Indonesia yang bersedia meng-opencontent-kan artikel-artikel yang sudah diterbitkan. Saya sudah coba mulai dengan kontak pak Rusmanto (Infolinux), dan alhamdulillah dapat sambutan positif. Thanks pak Rus! Saat ini artikel Infolinux tahun 2003-2005 sedang dalam tahap uploading yang dibantu oleh Amin dan Rohman dari SMKN 1 Rangkas Bitung yang kebetulan sedang magang di sekretariat IlmuKomputer.Com. Untuk penulis majalah Infolinux, mohon untuk melakukan klaim artikel supaya atribut bisa mengarah ke penulis.

  3. Mewajibkan seluruh komunitas IlmuKomputer.Com untuk menulis. Mohon pengertiannya juga untuk rekan-rekan distributor CD, karena salah satu persyaratan baru menjadi distributor CD IlmuKomputer.Com adalah menulis. Paling tidak teman-teman distributor CD merasakan lebih dalam bahwa ada tulisan mereka dalam CD yang mereka bagikan ๐Ÿ™‚

  4. Huntingร‚ย langsung ke artikel-artikel yang di-opencontent-kan oleh penulis dan penerbitnya, dan meminta ijin untuk menguploadnya ke IlmuKomputer.Com.

  5. Menseriusi kembali project ebook gratis. Penulis-penulis IlmuKomputer.Com yang ingin image branding lebih cepat dan agresif diminta menulis buku, diberi honor menulis (tentu sesuai keuangan IlmuKomputer.Com) dan buku tersebut digratiskan di IlmuKomputer.Com. Dulu sebenarnya sudah saya mulai dengan beberapa tema tentang Linux dan bahasa C, cuman terhenti. Saya akan beri satu space khusus (plus image) di top page untuk yang mendonasikan buku lengkap tulisannya.

Untuk sementara itu dulu. Ada ide lain, tambahan, koreksi, atau pingin ikutan jadi aktifis IlmuKomputer.Com untuk kegiatan diatas? Monggo saya tunggu komentarnya. Terima kasih.