Smart Teacher: Kompetisi untuk Para Guru

smartteacher.jpgTiga tahun terakhir (2004, 2005, 2006) kebetulan saya terlibat aktif menjadi perumus dan juri untuk lomba pembuatan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi yang diselenggarakan oleh Depdiknas, tepatnya di Dikmenum. Peserta lomba adalah guru-guru SMA dan sederajad di seluruh Indonesia. Dari pengalaman itu saya melihat bahwa guru-guru di Indonesia memiliki potensi yang tinggi dalam bidang Teknologi Informasi dan pemanfaatannya untuk dunia pendidikan. Ini yang menginspirasi saya untuk membuat lomba serupa yang sifatnya lebih kontinyu dan mudah diikuti oleh para guru dari berbagai tingkat pendidikan (TK, SD, SMP, SMA dan sederajad). Kebetulan ide ini diamini dan didukung oleh sahabat saya Donny B Utoyo (Koordinator ICT Watch dan DetikINET). Sehinga berlanjutlah menjadi satu event untuk para guru berupa Kompetisi Menulis Artikel dan Membuat Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.

Kegiatan ini kita beri nama “Smart Teacher”, dengan official sitenya adalah http://ilmukomputer.com/smartteacher.php. Kegiatan diselenggarakan oleh IlmuKomputer.Com dengan didukung secara penuh oleh DetikINET, Partner in Learning, MediaPembelajaran.Com, ICTWatch, Brainmatics, dan beberapa institusi pendidikan. Yang kita lakukan tidak muluk-muluk, intinya kita ingin meng-encourage guru-guru untuk mengenal Teknologi Informasi dan lebih jauh lagi bagaimana memanfaatkan Teknologi Informasi dalam membantu kegiatan belajar mengajar. Jadi yang kita kompetisikan adalah:

2 kategori karya yang akan dikompetisikan yaitu:

  1. Artikel 
  2. Media Pembelajaran 

Setiap minggunya kita akan memilih artikel dan media pembelajaran terbaik, dan menampilkannya di DetikINET pada kolom khusus bernama Smart Teacher. Yang berhasil tampil akan mendapatkan kompensasi berupa uang tunai dan kesempatan mengikuti event di luar negeri yang akan kita tentukan kemudian.

Untuk menyemarakkan kegiatan ini, kita juga membuat komunitas milis bernama smartteacher@yahoogroups.com. Milis ini bersifat terbuka, bisa diikuti peserta kompetisi maupun yang hanya ingin berdiskusi tentang teknologi informasi dan pemanfaatannya di dunia pendidikan. 

Persyaratan lomba, hasil karya dan mekanisme lengkap program dapat diketahui dengan mengklik http://ilmukomputer.com/smartteacher.php

Untuk para guru dimanapun berada, selamat berdjoeang, kami tunggu karya anda !

ttd-small.jpg