Penjurian Final Imagine Cup Indonesia 2009

imaginecup2009Senin 11 Mei 2009, alhamdulillah mendapat kesempatan bareng Mark Glikson (GM, D&PE Lead Asia Pacific) dan Tony Seno Hartono (National Technology Officer Microsoft Indonesia) untuk menjadi juri di final Imagine Cup Indonesia 2009. Thanks to sohib saya om Norman Sasono (jabatan loe apaan sih om?)Β  dan om Julius Fenata (Academic Developer Evangelist) yang sudah mengundang saya untuk ikutan duduk di bangku Juri ;). Mohon maaf terlambat sampai ke Shangri-La H0tel, karena ada kecelakan di tol JORR yg menahan laju innova hitamku lebih dari satu jam πŸ™

Kompetisi dan lomba software selalu menjadi acara meriah. Sejak kepulangan saya ke tanah airΒ  pada tahun 2004 sampai tahun 2009, puluhan lomba dan kompetisi saya ikuti. Sayangnya saya jarang mendapat kesempatan menjadi peserta, selalu diminta untuk menjadi juri. Hmm nggak ngerti ini kutukan atau nikmat πŸ™‚ Padahal jujur saja, pingin lebih banyak portfolio menjadi pemenang daripada juri hihihi.

Sebagai informasi, Imagine Cup adalah ajang kompetisi teknologi untuk mahasiswa. yang diadakan oleh Microsoft. Imagine Cup diadakan secara rutin setiap tahun, dan saat di tahun 2009 ini memasuki tahun ke 7. Tema Imagine Cup untuk tahun 2009 ini adalah Imagine a world where technology helps solve the world’s toughest problems. Tema Imagine Cup mengambil pemikiran dari 8 Millenium Development Goals dari United Nations (PBB), yaitu:

  1. Mengentaskan Kemiskinan dan Kelaparan
  2. Pendidikan Dasar yang Merata
  3. Emansipasi Wanita
  4. Mengurangi Kematian Anak
  5. Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil
  6. Memerangi HIV/AIDS, Malaria dan Penyakit-Penyakit Lainnya
  7. Memelihara Kelestarian dan Keberlangsungan Lingkungan
  8. Mengembangkan Kerja Sama Global

Okeh, langsung saja, ada tiga tim yang berhasil masuk ke final Imagine Cup Indonesia 2009, yaitu:

  • Kabayan (IT Telkom) dengan project Demeter (Food Monitoring and Control System)
  • Pusaka (ITB) dengan projectΒ  Galaxy (RFID based Integrated Donation System)
  • Big Bang (ITB) dengan project MOSES (Malaria Observation System and Endemic Surveillance)

Seluruh tim dengan projectnya dinilai berdasar 10 parameter penilaian sebagai berikut, dengan range nilai 1-5:

  1. Problem Definition: Bagaimana kesesuaian dan relevansi masalah yang dibahas oleh team dengan masalah dunia nyata?
  2. Consistency: Bagaimana konsistensi proyek yang diajukan dengan tema Imagine Cup tahun ini?
  3. Innovation: Apakah aplikasi yang dibuat merupakan pendekatan terhadap masalah baru, atau masalah lama yang diselesaikan dengan cara baru?
  4. Impact: Apakah aplikasi yang dibuat mampu mengimplikasi sejumlah besar masyarakat, atau mempengaruhi sejumlah kecil masyarakat namun lebih dalam?
  5. Effectiveness: Pada level apa aplikasi mampu untuk menyelesaikan masalah yang diajukan?
  6. User Experience: Pada level apa aplikasi memadukan aspek IMK (Interaksi Manusia Komputer). Apakah aspek intutisi, ergonomis, atau user-friendly?
  7. Extendibility: Apakah proyek secara terbuka dapat dikembangkan atau berevolusi di masa yang akan datang?
  8. Complexity Management: Bagaimana solusi yang diajukan mampu mengintegrasikan berbagai teknologi dan teknik untuk memecahkan masalah?
  9. Functional Completeness: Apakah proyek mampu diimplementasikan, berjalan, atau siap untuk didemokan?
  10. Presentation: Juri akan menilai dari presentasi, diharapkan peserta mampu untuk menampilkan latar belakang masalah dan kesesuaian dengan proyek yang dibuat, jelaskan mengapa masalah yang anda ajukan menarik? Jelaskan bagaimana sistem tersebut bekerja, dan termasuk demo yang menampilkan effect β€œWOW”

Jujur saja pada banyak sisi, nilai cukup berimbang (consistency, functional completeness, impact, user experience), meskipun ada beberapa parameter yang perbedaan satu dengan tim yang lain cukup besar (problem definition, complexity management, extendibility, innovation).

Hasil nilai penjurian dari saya, Mark dan Tony ternyata tidak ada perbedaan. Kita sepakat secara aklamasi bahwa urutan pemenang adalah:

  1. Big Bang (ITB) dengan project MOSES
  2. Kabayan (IT Telkom) dengan project Demeter
  3. Pusaka (ITB) dengan projectΒ  Galaxy

Dengan kata lain bahwa yang akan mewakili Indonesia ke Cairo (Mesir) adalah tim Big Bang (ITB) dengan project MOSES. Selamat untuk tim Big Bang dari ITB! πŸ™‚

moses

Saya sendiri tidak mendapatkan nilai detail dari Mark dan Tony, tapi paling tidak untuk sekedar gambaran nilai dari saya untuk seluruh tim adalah seperti pada grafik di bawah. Sekali lagi, nilai yang saya tampilkan di bawah adalah hanya nilai saya dan bukan kompilasi dari seluruh juri. Dari gambar di bawah, bisa diperhatikan pada parameter apa saja tim Big Bang unggul dibandingkan tim yang lain.

imaginecupindonesia2009

Pengumuman pemenang dilakukan oleh Steve Ballmer langsung. Ya, si Steve Ballmer euy, heboh dan sangar ini orang ternyata πŸ™‚ Alhamdulillah sempat foto bareng plus jabat tangan segala malah, beuh narsis geeneeh hihihi. Foto-foto menyusul (lagi nunggu dari om Julius), tapi paling tidak ada satu yang saya ambil dari blackberry saya, agak buram, tapi paling tidak gimana kalau om Steve malangkerik kelihatan dengan jelas kan πŸ™‚

steveballmer

Yang masih belum bisa nomer satu jangan pernah menyerah, dan yang menjadi nomer satu hayo persiapkan diri dengan matang untuk menuju Egypt. Bendera Indonesia di pundak anda πŸ™‚

Tetap dalam perdjoeangan!

ttd-small.jpg