Penelitian Tugas Akhir Itu Mudah (1)
Puyeng dengan skripsi atau tugas akhir? Jangan kuatir, semua orang memang pernah mengalaminya. Nikmati dan warnai kehidupan akhir kampus dengan membuat tugas akhir yang bagus dan berkualitas. Sayang empat tahun proses pembelajaran kita kalau diakhiri dengan tugas akhir berkualitas rendah atau bahkan mengotorinya dengan membajak skripsi orang lain. Tugas akhir itu secara umum seharusnya berupa penelitian, meskipun beberapa jurusan ada yang mensyaratkan cukup dengan desain produk. Seri artikel ini sifatnya wajib dibaca 😉 bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir
Sedikit mengulang dari apa yang saya tulis di artikel tentang hakekat kebenaran dan hakekat penelitian. Hakekat penelitian bagaimanapun juga adalah untuk “memecahkan masalah yang dihadapi”. Penelitian adalah terjemahan dari bahasa Inggris “research” yang secara bahasa mengandung makna: re (kembali) dan to search (mencari). T. Hillway merangkumkan definisi penelitian adalah “studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah, sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut”.
Sebelum melangkah lebih jauh, kita diskusi dulu tentang jenis penelitian. Intinya jenis penelitian bisa dilihat dari beberapa sudut pandang.
- Tingkat Penerapan (Penelitian Dasar, Penelitian Terapan)
- Jenis Informasi Yang Diolah (Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif)
- Perlakuan Terhadap Data (Penelitian Konfirmatori, Penelitian Eksploratori)
- Tujuan (Penelitian Deskripsi, Penelitian Korelasi, Penelitian Eksperimen)
Kalau kita gambarkan hubungan dan himpitan antara jenis penelitian, bentuk mudahnya akan seperti dibawah (ditulis ulang dari Ronny Kountur, 2007) . Secara umum, setiap penelitian memberi efek kecenderungan ke jenis dibawahnya. Contoh, penelitan deskripsi itu biasanya kualitatif dan sifatnya eksplanatori. Sebaliknya penelitian eksperimen dan korelasi biasanya pengolahan datanya kuantitatif, dan sifatnya konfirmatori.
Untuk jurusan computing (teknik informatika, sistem informasi, ilmu komputer) biasanya berupa penelitian terapan (bukan penelitian dasar) yang sifat pengolahan datanya kuantitatif. Penelitian lebih banyak ke arah konfirmatori (bukan eksploratori) yaitu dengan melakukan pengujian terhadap hipotesis atau kerangka konsep yang sudah ditentukan. Dan tujuan penelitian biasanya untuk melihat korelasi antar variabel yang diteliti atau melakukan suatu eksperimen.
Tahapan penelitian sebenarnya hanya ada empat:
- Identifikasi (Penemuan) Masalah
- Perumusan Hipotesis
- Pengujian Hipotesis dan Analisis
- Kesimpulan
Kalau kita konversikan ke dalam struktur susunan tugas akhir mungkin tahapan penelitian itu akan terbagi seperti tabel di bawah:
Perlu diingat, tugas akhir di beberapa bidang ilmu bisa tidak berbentuk penelitian, tapi hanya berupa desain produk. Contoh desain produk misalnya:
- Desain Bangunan atau Mesin
- Desain Sistem
- Pengembangan Sistem Tanpa Didahului Identifikasi Masalah
- Perencanaan Strategis Bisnis
Jadi implikasi dari hal diatas, beberapa kegiatan di bawah bukan termasuk penelitian.
- Mengembangkan situs portal
- Mengembangkan situs web pribadi
- Mengembangkan sistem informasi
- Mengembangkan multimedia pembelajaran
Untuk yang lagi bikin skripsi tentang pengembangan sistem informasi atau multimedia pembelajaran, jangan keburu stress dulu ;). Desain produk bisa menjadi penelitian ketika produk dibuat karena adanya “suatu masalah atau kebutuhan riil”. Tapi jangan lupa, produk tersebut juga harus diuji dengan beberapa parameter, dan kemudian dianalisa seberapa jauh terbukti bisa memecahkan masalah yang disetting di awal.
Nah contoh pengembangan situs portal yang termasuk penelitian misalnya dibawah:
- Judul: Mengembangkan Situs Portal Traffic Tinggi dengan Teknik Search Engine Optimization (SEO)
- Identifikasi Masalah: Situs portal sepi pengunjung
- Perumusan Hipotesis: Teknik SEO dapat meningkatkan traffic situs
- Buat Model atau Kerangka Konsep: Lakukan studi literatur tentang SEO dan rumuskan model serta teknik SEO yang tepat untuk situs portal yang sedang dibangun
- Pengujian Hipotesis: Terapkan model SEO yang sudah dibuat. Uji parameter dalam model SEO
- Analisa Hasil Pengujian: Terbukti bahwa model SEO kita kembangkan dapat meningkatkan traffic situs portal
Pengembangan multimedia pembelajaran yang berbasis penelitian, misalnya:
- Judul: Multimedia pembelajaran Berbasis Real Constructivisme untuk Mata Kuliah Bahasa Formal dan Automata
- Identifikasi Masalah: Mata Kuliah Bahasa Formal dan Automata sulit dipahamkan ke siswa dengan sistem kuliah konvensional, harus ditempuh teknik baru untuk memahamkan ke siswa
- Perumusan Hipotesis: Multimedia pembelajaran harus dibuat berdasarkan teoi real constructivisme untuk mempermudah pemahaman siswa
- Buat Model atau Kerangka Konsep: Lakukan studi literatur tentang real construtivisme dan rumuskan model khusus untuk multimedia pembelajaran tersebut
- Pengujian Hipotesis: Terapkan dengan penelitian tindakan kelas (action research)
- Analisa Hasil Pengujian: Terbukti multimedia berbasis real constructivisme dapat meningkatkan pemahaman siswa
Perlu dicatat bahwa penelitian itu berawal di masalah dan berakhir di pemecahan masalah. Kualitas penelitian ditentukan oleh kualitas masalah yang diteliti, bukan karena ketinggian teknologi yang digunakan. Reviewer jurnal internasional menjadikan masalah penelitian sebagai parameter utama proses review. Usahakan memilih masalah penelitian yang orisinil kita temukan. Meneliti masalah yang sudah diteliti orang lain membuat kita harus melakukan komparasi dengan approach orang lain tersebut
Ok sudah mulai paham? Sekarang gimana sih sebenarnya cara menemukan atau mengidentifikasi masalah itu?
Masalah bisa kita temukan lewat studi literatur, baik dari paper-paper di jurnal ilmiah atau proceedings conference. Untuk level D3 dan S1, bisa juga identifikasi masalah ini dari artikel di buku text book, majalah ilmiah, proceedings seminar atau surat kabar. Cara menemukan masalah yang kedua dan sebenarnya cara terbaik adalah lewat pengamatan lapangan. Nggak usah terlalu rumit-rumit, cukup fokuskan ke masalah yang ada di sekitar kita. Kalau kita mahasiswa ya sekarang perhatikan, mahasiswa, dosen atau kampus itu punya masalah apa yang belum dipecahkan dan kira-kira bisa dipecahkan dengan teknologi informasi. Ini kalau kita di jurusan computing, lain jurusan masalahnya bisa lain lagi. Pengamatan lapangan ini bisa juga dilakukan dengan menghadiri pameran industri, bedah buku, dsb. Intinya kejar masalah penelitian ini dari manapun, dan jangan lupa bahwa masalah penelitian ini benar-benar menjadi masalah yang harus dipecahkan, bukan masalah yang kita ada-adakan.
Oh ya, masalah yang kita bidik bisa datang dari 3 hal:
- Masalah yang ada di manusianya sendiri (People and Problem)
- Masalah di cara dan struktur kerja (Program)
- Fenomena yang terjadi (Phenomenon)
Ok sudah semakin paham? Terus gimana kita bisa menentukan mana referensi untuk penelitian yang shahih?
Khususnya untuk tinjauan pustaka (studi literatur) pada saat menyusun hipotesis dan kerangka konsep atau model, usahakan untuk menggunakan jurnal ilmiah (internasional). Urutan dari yang terbaik untuk bidang computing adalah:
- Jurnal ilmiah yang diterbitkan IEEE dan ACM
- Jurnal ilmiah yang diterbitkan asosiasi ilmiah Lain. Biasanya bisa didapatkan dari elsevier.Com, EBSCOhost.Com atau sciencedirect.com
- Proceedings Conference (utamakan yang diterbitkan oleh IEEE Computer dan ACM)
Apabila kita punya rencana untuk bermain di level internasional, usahakan tidak menggunakan jurnal ilmiah Indonesia, meskipun sudah diakreditasi oleh Dikti.
Nggak ada uang untuk langganan jurnal ilmiah? Atau di kampus juga tidak tersedia jurnal online? Nggak perlu khawatir, bisa gunakan salah satu dari banyak jurnal ilmiah gratis yang sudah saya tulis lengkap di artikel sebelumnya. Paling tidak yang wajib dikunjungi oleh mahasiswa miskin tapi punya semangat penelitian seperti profesor 😉 adalah:
- http://citeseer.ist.psu.edu/
- http://www.doaj.org/
- http://scholar.google.com/
- http://libra.msra.cn/
- http://www.jstor.org/
Masih belum nyantol juga? Lebih paham kalau saya ceritakan dengan banyak contoh-contoh? Ikuti seri tulisan ini berikutnya 🙂
REFERENSI
- Ronny Kountur, Metode Penelitan, Penerbit PPM, 2007.
- Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kencana Prenada Media Group, 2005.
- Moh. Nazir, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Agustus 2003.
- Sulistyo-Basuki, Metode Penelitian, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, April 2006.
ga ngerti akh cuz qu minta nx contoh laporan pkl untuk sma…tp tips nx kerend jg tuch.. ea udda thank’s ea….
mungkin untuk sebagian orang tugas akhir tu gampang tp bwt ocy bikin pusing, coz bentrok sama kerjaan tyuz,,
asslm
pa saya minta tlng,ajarin saya buat jaringan donk buat tugas akhir,coZ saya belum begitu paham tentang jaringan.
mohon di bantu ya pa.blz ke email saya aja pa
nda_ilin@yahoo.co.id
wass
selamat pagii semua ……..
nanya ne
saya kan mau belajar buat barkot barang dengan Visual basic tu gimana caranya trus misal pakai mikrokontroler rangkaian n softwearnya gimana…sama program VB gimana
kalau ada yang mau bantu….
add me : mingkak87@yahoo.co.id
thank’s ya….
wasalam
Sudah 2 tahun data tesis saya tinggal, setelah membaca artikel anda, ada keinginan kembali untuk mengerjakan,terimaksih mas Romi.
wah makasih banget, kebetulan saya lagi skripsi juga tp di bidang sosial. setidaknya bisa memberikan gambaran gmn itu skripsi
terima kasih bgt pak motivasinya.
saya juga sedang memulai mengerjakan tugas akhir yang sempat tertunda karena g tw harus mulai dari mana… dengan adanya artikel dari pak romi, pola fikir saya mulai terbentuk.
saya sudah memilih topik tentang konsep DSS(decision support system), tapi masih bingung judul yang akan di ambil. mohon bimbingannya pak…
terima kasih..
Ada beberapa topik penelitian yang mungkin dapat menjadi ide penelitian anda, silahkan kunjungi situs kami
href=http://repository.gunadarma.ac.id
salam mas,
kebetulan lg proses buat tesis nih,,gpp mmg metodenya juga ga berbeda banget koq dgn buat skripsi/TA. Thx
Waduh kok malah ngingetin masalah tugas akhir seeh..
Memang mudah kalau sebelumnya kita sudah mempersiapkan Ide dan Bahan Tugas Akhir tetapi kalau kita belum mempersiapkan, wadus semua sulit sekali.
pak, saya lagi di semester agak akhir nixh,n kuliah dibidang pendidikan bahasa, minta kasih saran tentang masalah penelitian untuk pendidikan bahasa,….
Iya memang mudah, tapi kebanyakan mahasiswa susah untuk memulainya
bingung bikin proposal untuk pengajuan pkl di semen gresik.gimana caranya?????
arghhhhhhhhhh….
pusing liat yang gtuan……
wah.., saya dapat banyak ilmu n inspirasi dr tulisan ini…
Makasih pak ilmunya
pagi semua???
kelihatan mudah sekali dalam penjelasan mas apalagi sudah ada drafnya nanti pada saat diaplikasikan atau pembuatannya disitulah paling sulitnya . Makasih ya Mas Sudah berbagi saya blogger hijau dari Sulawesi Selatan
terimakasih pak Romi
menarik juga tuh judulnya “Mengembangkan Situs Portal Traffic Tinggi dengan Teknik Search Engine Optimization (SEO)”. kalo dah ada yang buat TA nya bisa di share … biar kita sama2 belajar … 🙂
nyari referensi tugas akhir di mbah google mengarah kesini mas dan ternyata memang sebuah artikel yang sanagat membantu saya
Salam Pak Romi saya lagi mengarah ke skripsi, artikel ini sangat membantu saya, terimakasih sebelumnya
terimakasih atas sharing ilmunya yang luarbiasa pak
selamat malam membaca dua ilmu sekaligus luar biasa dan sangat menambah pengetahuan saya
sekarang banyak lulusan sarjana yg instan mas,, malah ada profesor yg plagiat.. gmn tuh.. makin terpuruk aja neh pendidikan kita
mudah-mudahan pendidikan kita nggak makin terpuruk saja.
aku mau mikir dulu setelah baca artikel ini mudah-mudahan dapat masalah yang bisa diteliti, terimakasih pak atas inspirasinya
informasi yang sangat berguna pak
maju terus pendidikan indonesia.
aku mahasiswa FKM masih semester 7 pak romi ijin copas yah kekompi aku untuk bekal tugas akhir nanti
lo untuk teknik komputer,, dan cm sebatas hardware gmana buat tugas akhirnya ya,,
lengkap banget nih Kang. makasih banyak
Makasih untuk sharingnya pak…
aplikatif. bookmark dulu ah…
Pak Romi, Artikelnya bagus banget, mohon ijin artikel Bapak saya Post di Blog saya..
Terima kasih, Pak..
Wah, Pak Romi, artikel2nya sangat membantu dan mencerahkan saya yang lagi belajar mengajar. Terima kasih, Pak. 🙂
jadi pengen kuliah lagi
Mantap tipsnya om… ctrl+D dlu ya.. hhe
ku jadi kepengen cepat2 tamat SMA nich, mo buru2 kuLiah tRus nyusun SKRIPSidan eh…
SARJANA dech..
Sayangnya, karena faktoe kemalasan, tidak sedikit para mahasiswa kita yang masih tergoda untuk menggunakan skripsi pabrikan yang siap jadi.
Terima kasih
thnx buat infonya pa romi.ngomong2 boleh tau pendapat bapak tentang mahasiswa yang nyari tambahan uang dari bikinin skripsi org lain?tujuan sya bkn cma uang tp jg membantu ade2 di bawah saya yg mo skripsi dgn membuat skripsi yg bisa dibilang punya kualitas yg bagus walaupun sya sendiri juga masih perlu belajar banyak di bidang TI.salam hormat,Yudi
Ass…Mas Romi.saya karyawan mahasiswa nyambi kerja juga,baru mau nyusun skripsi,klo saya ngambil judul berbau media pem belajaran..
1. apa yang harus dikuatkan supaya menjadi penelitian? misalnya simulasi,latihan soal,dsb.
Atau yang bisa diangkat harus bener2 susah materinya,kan standar orang susah itu gimana kemampuan individu masing2….hhe
Trus tolak ukurnya materi yang diangkat itu susah apa ya..?
2. Apakah materi yang diangkat selain materi non eksak bisa ? Misal..: bahasa asing seperti bhs jepang,dsb.
3.Mas,waktu saya mantau UAN ke salah satu MTS,kata salah satu guru “Gimana caranya belajar tajwij Al-Quran dengan komputer masalahnya anak-anaknya biar ga susah nangkap materinya dan ga cepet jenuh.?”
Apakah pertanyaan ini bisa diangkat jadi masalah buat penelitian..?
Before,makasih mas Romi jawabanya.
Wass
mudah bagi yg bisa pak romi… hehehehe…
Btul Bagt Mas . . .
Intinya kemauan kita sendiri . . .
Cuma..untuk penelitian yang sifat Ilmunya baru, mungkin agak sedikit sulit sih..
Makasih atas pencerahannya Mas…
wah sangat membantu nih thanks
Sistematis dan inspiratif mas Romi, terima kasih