Penelitian Tugas Akhir Itu Mudah (1)
Puyeng dengan skripsi atau tugas akhir? Jangan kuatir, semua orang memang pernah mengalaminya. Nikmati dan warnai kehidupan akhir kampus dengan membuat tugas akhir yang bagus dan berkualitas. Sayang empat tahun proses pembelajaran kita kalau diakhiri dengan tugas akhir berkualitas rendah atau bahkan mengotorinya dengan membajak skripsi orang lain. Tugas akhir itu secara umum seharusnya berupa penelitian, meskipun beberapa jurusan ada yang mensyaratkan cukup dengan desain produk. Seri artikel ini sifatnya wajib dibaca 😉 bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir
Sedikit mengulang dari apa yang saya tulis di artikel tentang hakekat kebenaran dan hakekat penelitian. Hakekat penelitian bagaimanapun juga adalah untuk “memecahkan masalah yang dihadapi”. Penelitian adalah terjemahan dari bahasa Inggris “research” yang secara bahasa mengandung makna: re (kembali) dan to search (mencari). T. Hillway merangkumkan definisi penelitian adalah “studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah, sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut”.
Sebelum melangkah lebih jauh, kita diskusi dulu tentang jenis penelitian. Intinya jenis penelitian bisa dilihat dari beberapa sudut pandang.
- Tingkat Penerapan (Penelitian Dasar, Penelitian Terapan)
- Jenis Informasi Yang Diolah (Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif)
- Perlakuan Terhadap Data (Penelitian Konfirmatori, Penelitian Eksploratori)
- Tujuan (Penelitian Deskripsi, Penelitian Korelasi, Penelitian Eksperimen)
Kalau kita gambarkan hubungan dan himpitan antara jenis penelitian, bentuk mudahnya akan seperti dibawah (ditulis ulang dari Ronny Kountur, 2007) . Secara umum, setiap penelitian memberi efek kecenderungan ke jenis dibawahnya. Contoh, penelitan deskripsi itu biasanya kualitatif dan sifatnya eksplanatori. Sebaliknya penelitian eksperimen dan korelasi biasanya pengolahan datanya kuantitatif, dan sifatnya konfirmatori.
Untuk jurusan computing (teknik informatika, sistem informasi, ilmu komputer) biasanya berupa penelitian terapan (bukan penelitian dasar) yang sifat pengolahan datanya kuantitatif. Penelitian lebih banyak ke arah konfirmatori (bukan eksploratori) yaitu dengan melakukan pengujian terhadap hipotesis atau kerangka konsep yang sudah ditentukan. Dan tujuan penelitian biasanya untuk melihat korelasi antar variabel yang diteliti atau melakukan suatu eksperimen.
Tahapan penelitian sebenarnya hanya ada empat:
- Identifikasi (Penemuan) Masalah
- Perumusan Hipotesis
- Pengujian Hipotesis dan Analisis
- Kesimpulan
Kalau kita konversikan ke dalam struktur susunan tugas akhir mungkin tahapan penelitian itu akan terbagi seperti tabel di bawah:
Perlu diingat, tugas akhir di beberapa bidang ilmu bisa tidak berbentuk penelitian, tapi hanya berupa desain produk. Contoh desain produk misalnya:
- Desain Bangunan atau Mesin
- Desain Sistem
- Pengembangan Sistem Tanpa Didahului Identifikasi Masalah
- Perencanaan Strategis Bisnis
Jadi implikasi dari hal diatas, beberapa kegiatan di bawah bukan termasuk penelitian.
- Mengembangkan situs portal
- Mengembangkan situs web pribadi
- Mengembangkan sistem informasi
- Mengembangkan multimedia pembelajaran
Untuk yang lagi bikin skripsi tentang pengembangan sistem informasi atau multimedia pembelajaran, jangan keburu stress dulu ;). Desain produk bisa menjadi penelitian ketika produk dibuat karena adanya “suatu masalah atau kebutuhan riil”. Tapi jangan lupa, produk tersebut juga harus diuji dengan beberapa parameter, dan kemudian dianalisa seberapa jauh terbukti bisa memecahkan masalah yang disetting di awal.
Nah contoh pengembangan situs portal yang termasuk penelitian misalnya dibawah:
- Judul: Mengembangkan Situs Portal Traffic Tinggi dengan Teknik Search Engine Optimization (SEO)
- Identifikasi Masalah: Situs portal sepi pengunjung
- Perumusan Hipotesis: Teknik SEO dapat meningkatkan traffic situs
- Buat Model atau Kerangka Konsep: Lakukan studi literatur tentang SEO dan rumuskan model serta teknik SEO yang tepat untuk situs portal yang sedang dibangun
- Pengujian Hipotesis: Terapkan model SEO yang sudah dibuat. Uji parameter dalam model SEO
- Analisa Hasil Pengujian: Terbukti bahwa model SEO kita kembangkan dapat meningkatkan traffic situs portal
Pengembangan multimedia pembelajaran yang berbasis penelitian, misalnya:
- Judul: Multimedia pembelajaran Berbasis Real Constructivisme untuk Mata Kuliah Bahasa Formal dan Automata
- Identifikasi Masalah: Mata Kuliah Bahasa Formal dan Automata sulit dipahamkan ke siswa dengan sistem kuliah konvensional, harus ditempuh teknik baru untuk memahamkan ke siswa
- Perumusan Hipotesis: Multimedia pembelajaran harus dibuat berdasarkan teoi real constructivisme untuk mempermudah pemahaman siswa
- Buat Model atau Kerangka Konsep: Lakukan studi literatur tentang real construtivisme dan rumuskan model khusus untuk multimedia pembelajaran tersebut
- Pengujian Hipotesis: Terapkan dengan penelitian tindakan kelas (action research)
- Analisa Hasil Pengujian: Terbukti multimedia berbasis real constructivisme dapat meningkatkan pemahaman siswa
Perlu dicatat bahwa penelitian itu berawal di masalah dan berakhir di pemecahan masalah. Kualitas penelitian ditentukan oleh kualitas masalah yang diteliti, bukan karena ketinggian teknologi yang digunakan. Reviewer jurnal internasional menjadikan masalah penelitian sebagai parameter utama proses review. Usahakan memilih masalah penelitian yang orisinil kita temukan. Meneliti masalah yang sudah diteliti orang lain membuat kita harus melakukan komparasi dengan approach orang lain tersebut
Ok sudah mulai paham? Sekarang gimana sih sebenarnya cara menemukan atau mengidentifikasi masalah itu?
Masalah bisa kita temukan lewat studi literatur, baik dari paper-paper di jurnal ilmiah atau proceedings conference. Untuk level D3 dan S1, bisa juga identifikasi masalah ini dari artikel di buku text book, majalah ilmiah, proceedings seminar atau surat kabar. Cara menemukan masalah yang kedua dan sebenarnya cara terbaik adalah lewat pengamatan lapangan. Nggak usah terlalu rumit-rumit, cukup fokuskan ke masalah yang ada di sekitar kita. Kalau kita mahasiswa ya sekarang perhatikan, mahasiswa, dosen atau kampus itu punya masalah apa yang belum dipecahkan dan kira-kira bisa dipecahkan dengan teknologi informasi. Ini kalau kita di jurusan computing, lain jurusan masalahnya bisa lain lagi. Pengamatan lapangan ini bisa juga dilakukan dengan menghadiri pameran industri, bedah buku, dsb. Intinya kejar masalah penelitian ini dari manapun, dan jangan lupa bahwa masalah penelitian ini benar-benar menjadi masalah yang harus dipecahkan, bukan masalah yang kita ada-adakan.
Oh ya, masalah yang kita bidik bisa datang dari 3 hal:
- Masalah yang ada di manusianya sendiri (People and Problem)
- Masalah di cara dan struktur kerja (Program)
- Fenomena yang terjadi (Phenomenon)
Ok sudah semakin paham? Terus gimana kita bisa menentukan mana referensi untuk penelitian yang shahih?
Khususnya untuk tinjauan pustaka (studi literatur) pada saat menyusun hipotesis dan kerangka konsep atau model, usahakan untuk menggunakan jurnal ilmiah (internasional). Urutan dari yang terbaik untuk bidang computing adalah:
- Jurnal ilmiah yang diterbitkan IEEE dan ACM
- Jurnal ilmiah yang diterbitkan asosiasi ilmiah Lain. Biasanya bisa didapatkan dari elsevier.Com, EBSCOhost.Com atau sciencedirect.com
- Proceedings Conference (utamakan yang diterbitkan oleh IEEE Computer dan ACM)
Apabila kita punya rencana untuk bermain di level internasional, usahakan tidak menggunakan jurnal ilmiah Indonesia, meskipun sudah diakreditasi oleh Dikti.
Nggak ada uang untuk langganan jurnal ilmiah? Atau di kampus juga tidak tersedia jurnal online? Nggak perlu khawatir, bisa gunakan salah satu dari banyak jurnal ilmiah gratis yang sudah saya tulis lengkap di artikel sebelumnya. Paling tidak yang wajib dikunjungi oleh mahasiswa miskin tapi punya semangat penelitian seperti profesor 😉 adalah:
- http://citeseer.ist.psu.edu/
- http://www.doaj.org/
- http://scholar.google.com/
- http://libra.msra.cn/
- http://www.jstor.org/
Masih belum nyantol juga? Lebih paham kalau saya ceritakan dengan banyak contoh-contoh? Ikuti seri tulisan ini berikutnya 🙂
REFERENSI
- Ronny Kountur, Metode Penelitan, Penerbit PPM, 2007.
- Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kencana Prenada Media Group, 2005.
- Moh. Nazir, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Agustus 2003.
- Sulistyo-Basuki, Metode Penelitian, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, April 2006.
good article..
Visit it http://www.unand.ac.id/arsipua/pnl/
Dikit lagi saya akan mengambil skripsi. Ini sangat membantu untuk saya. saya berharap Pak Dosen bisa membantu saya nantinya.
makasih mas info jurnal ilmiahnya..
sangat membantu dalam mencari jurnal yang berhubungan dengan skripsi saya
kenapa kok tugas akhir itu bisa mudah
nice post..
thanks motivasinya pak. berguna sekali buat penambah semangat
mas romy saya mo nanya klo metode agile yg xp programming cocok dtrapkan untuk metode berorientasi objek pke uml apa prosedural pake DFD dan ERD?? makasih
artikel nya bagus sekali Pak. Sangat informatif. Matur nuwun..
Saat ini saya sedang melakukan PKL. Ini sangat membantu untuk saya. saya berharap Bapak bisa membantu saya jika saya sedang mangalami kesulitan.
Saya harap diberi kemudahan pak
saya semester ini mau mengerjakan tugas akhir. mohon doanya dari teman2 disini ya 🙂
Klo saya sudah lama selesai tugas akhir mas ^_^
Tapi siapa tau, ada tugas akhir ke dua … 😛
wah q yang bingung itu yang mwtodologi. soalnya kan harus nyari metode terbaiknya dulu baru qt langsung pp
bingung cari buat TA informatika
bingung cari buat TA informatika mas
Pak izin copas artikelnya yah..
Ke http://koboykampus.tumblr.com
terima kasih pak romy.
dengan begini saya memiliki pandangan untuk menyelesiakan TA ane 🙂
thanks pak mulai ada sedikit gambaran 😀
makasih pak romy. artikelnya membantu mahasiswa/i yg sedang semester akhir n ambil TA. semangat buat teman2 ku yg sedang TA, cepet2 selesai.
wah…wah…masak mudah???kok saya baca tetep ajah susah…hehehehe…
maksih ya pak, artikelnya bisa jadi inspirasi buat nyusun TA yang terbengkalai…
alhamdulillah…hehehehe
thank’s bos atas infonya. sedikit dapet pencerahan nich. artikelnya bagus. numpang copas yo..he.he.he.he.he.
Assalamu alaikum…
Dan salam kenal pa Romi
setelah membaca beberapa posting artikel pa Romi
saya mendapat inspirasi pembuatan skripsi cuman ada beberapa yg ingin saya tanyakan .
sebenarnya saya ingin melakukan penelitian mengenai pengembangan wilayah dengan memanfaatkan GIS. Sumber data saya rencananya adalah data badan pusat statistik (propinsi)BPS mengenai suatu wilayah (sebut saja wil aaa) dari data itu kita bisa mengetahui potensi daerah dan juga kekurangan daerah(mis. jumlah penduduk,pendidikan,usaha yg ada, dan masih banyak lagi). nah yg saya ingin tanyakan kalau ingin membuat penelitian seperti yg pa romi tulis diatas sya agak bingung menjabarkan pokok permasalahannya dan hasil yg diharapakan nantinya (mohon bisa memberikan gambaran atau pembatasan masalah pengembangan wilayah ini)
terimakasih
wass
smoga penelitian di indonesia semakin maju….
kalo bisa saya minta jurnal2 ilmiah dikirim ke email saya pak Romi….
ternyata tugas akhir mudah ya
Pembelajaran yang sangat berguna bagi kami sebagai bahan materi membuat karya tulis..
Terima Kasih
waw, artikelnya bagus. kl dijelasin begini kayaknya gak bakal ada lagi mahasiswa DO krn kesulitas ngerjain tugas akhir…
Maaf, apa boleh tukar link blog? blog sy:
Kabar Pendidikan
saya sedang mengembangkan situs yang membahas tentang segala aspek dari penulisan tugas akhir,,,
tulisan bapak menjadi salah satu inspirasi saya…
andai banyak mahasiswa yg membaca tulisan anda, maka akan semakin brkurang jumlah mahsswa yg drop out krn masalah tugas akhir..
Inilah artikel yang mempunyai bobot tinggi. Sangat berguna.
Tugas itu emanx Gampang Pak …
Jika Kita emanx sungguh2
Mengerjakan’a…
karena dikerjakan dengan sungguh sungguh jadinya mudah ya pak, terima kasih atas inspirasinya
Alhamdulillah…
syukron pak. atas khazanah ilmu yang berbobot tinggi ini.
jazaakallah khairun jazaa…
Terimakasih banyak atas informasinya…
Insya allah mau di praktek kan…
artikel yang menarik Pak. salam kenal.
it’s good motivation..caayyyooo…
makasih pak, sangat membantu sekali…
jadi tambah semangat lagi. 🙂
tugas akhir itu selalu susah
wah, kebetulan nih, sya lagi nyusun,
gak beres beres,
hehe,maklum biaya.
Makasih pak Romi,,, artikel bapak membuat saya smangat garap skripsi,,,
ijin bookmark dulu pak romi..mudah-mudahan artikel ini berguna untuk 4-5 tahun kedepan soalnya ane masih kelas 3 SMA hihihihi 🙂
Skripsp/TA adalah masalah.
jadi jangan lagi mahasiswa mencari masalah untuk Skripsi/TAnya.
entar malah jadi masalah+masalah = SKAKMAT…!!
lebih tepatnya mencari orang yg memiliki masalah yg bisa kita jadikan tema skripsi..
Aslm, Pak Romi,,,! Mohon pencerahannya….!
Judul Skripsi ” Analisis Pemanfaatan Internet di SMP/SMU dalam menunjang proses pembelajaran” apa judul ini termasuk dalam metodologi penelitian sistem Informasi. Tks sebelumnya.