e-Learning Award 2006 dari Depdiknas

19 Desember 2006, saya pikir menjadi malam bersejarah bagi saya secara pribadi, maupun juga bagi komunitas dan aktifis di IlmuKomputer.Com dan Brainmatics. Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) dimana Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) sebagai eksekutornya memberikan penghargaan e-Learning Award 2006 kepada kami atas nama Brainmatics Cipta Informatika sebagai The Best e-Learning Provider. Merupakan kebanggaan bisa bersanding dengan Bank Mandiri, Universitas Bina Nusantara, Bamboomedia, Akal Interaktif yang juga menerima award pada malam 19 Desember 2006 di Hotel Shangri-La, Jakarta tersebut.

elearningaward2006.jpg

Meskipun kemenangan ini secara formal atas nama Brainmatics, tapi saya sebut juga kemenangan bagi komunitas IlmuKomputer.Com. Hal ini karena Brainmatics yang kita bangun tahun 2005, adalah sebagai salah satu lini bisnis untuk mendukung kegiatan-kegiatan komunitas IlmuKomputer.Com.

Dengan dengan adanya Brainmatics, para aktifis IlmuKomputer.Com jadi punya tempat untuk aktualisasi diri. Tidak hanya sebatas menshare ilmu lewat IlmuKomputer.Com, tapi juga bisa kemudian latihan mengajar, latihan entrepreneurship, latihan mengelola dan mengerjakan project-project secara profesional di Brainmatics. Kita juga jadi akhirnya punya tempat secara fisik (sebagai sekretariat IlmuKomputer.Com) untuk kumpul dan mengatur strategi ke depan bagaimana arah perkembangan IlmuKomputer.Com.

elearningaward2006-1.jpgBraintutor Learning System yang dikembangkan Brainmatics juga adalah evolusi dari sistem eLearning publik IlmuKomputer.Com dimana ada upgrade fitur untuk assesment online, bimbingan instructor dan certification dengan tetap pada visi dan misi untuk menyediakan pendidikan alternatif gratis dan murah untuk teman-teman di tanah air. Dalam perkembangannya kemudian, Brainmatics banyak mengerjakan beberapa project eLearning baik untuk Learning Management System (LMS) ataupun konten (multimedia atau text), serta sistem informasi yang lain. Beberapa diantaranya adalah Bank ABN Amro, ITS Surabaya, Universitas Atmajaya, Unesco, BKKBN, Pemda Kalteng, Pemda Sulawesi Utara, Bakosurtanal, LIPI, Medco Energi, Merpati nusantara airlines, Depdiknas, dsb.

elearningaward2006-2.jpgSaya sebut kemenangan bersejarah, karena boleh dikata inilah formal recognition pertama dari institusi pemerintah Indonesia terhadap kerja-kerja kami di dunia pembelajaran di dunia maya. Meskipun sudah menerima penghargaan dari PBB pada event World Summit on Information Society (WSIS) tahun 2003 di Jenewa, boleh dikatakan tidak terlalu ada sambutan positif atau dukungan riil dari institusi pemerintah terhadap kegiatan kami. Sebenarnya tidak hanya kegiatan kami di IlmuKomputer.Com, tapi mungkin banyak sekali kegiatan komunitas IT di Indonesia yang memang kurang mendapat simpati dari pemerintah Indonesia. Ya mungkin ini sesuai dengan anekdot rumput tetangga terlihat lebih hijau daripada rumput di halaman sendiri 😉

Terima kasih untuk rekan-rekan di Pustekkom yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Mudah-mudahan sinergi kerja terus dapat dilakukan, termasuk juga pengembangan untuk e-dukasi.net dan kontennya.

Tetap dalam perdjoeangan ….

ttd-small.jpg