Software Engineering Research Trends

Membangun software bukanlah tujuan utama penelitian, hanya testbed untuk mempermudah kita dalam mengukur hasil penelitian. Tidak ada listing code, UML atau screenshot software di paper-paper journal terindeks (SCOPUS/WoS), kecuali penelitian tentang perbaikan paradigma pemrograman, analisis design, dsb. Ketika pada penelitian kita mengusulkan perbaikan suatu algoritma (proposed method). Contoh penelitian bidang image processing, topik penelitian face recognition, memikirkan perbaikan metode atau algoritma untuk pengenalan wajah dengan lebih akurat atau efisien. Penelitian bidang data mining, topik tentang decision tree, memikirkan perbaikan algoritma decision tree sehingga bisa memprediksi (klasifikasi) dengan lebih akurat. Nah untuk mempermudah eksperimen dan evaluasi, kita menulis kode program (software) untuk menguji dan mengevaluasi performance dari algoritma yang kita usulkan

Bahkan penelitian bidang software engineering, bukan penelitian tentang pengembangan software yang hasil akhirnya produk software, tapi penelitian untuk perbaikan berbagai aspek metodologi pengembangan software, termasuk didalamnya bagaimana metode requirement gathering yang lebih efisien, perbaikan proses pengembangan software, perbaikan metode dan teknik tentang pengujian software, bagaimana software architecture yang lebih sistematis, dsb.

Lha terus bidang software engineering itu sebenarnya bidang apa? Trend penelitiannya juga ke arah mana? Mana topik penelitian bidang software engineering yang sebaiknya saya angkat untuk penelitian saya? Materi dalam bentuk slide, dan bisa didownload dengan mengklik gambar berikut.