Launching IGOS Nusantara 2006

igos01.jpgIGOS bukan sesuatu yang asing, paling tidak tiap tahun ada lauching (peluncuran) nya. Meskipun kadang nggak jelas apa yang diluncurin 🙂 . Begitulah komentar beberapa rekan sewaktu acara Lauching IGOS Nusantara 2006 di Kementrian Negara Ristek dan Teknologi (KNRT) siang hari ini, 4 Desember 2006 pukul 13:00-15:30. Yang sedikit berbeda, launching IGOS Nusantara 2006 ini dihadiri banyak sekali tokoh dan pejabat dari berbagai institusi maupun industri. Ketua LIPI (pak Umar), Dirjen Aplikasi Depkominfo (pak Cahyana), Kepala Pusat (eselon 2) berbagai institusi pemerintah, Intel Indonesia, Sun Microsystem Indonesia, Oracle Indonesia, dsb. Peserta juga diberi satu set lengkap CDROM distribusi linux IGOS Nusantara 2006 yang dikembangkan oleh rekan-rekan dari LIPI, khususnya dari Pusat Penelitian Informatika yang dipimpin oleh pak Tigor Nauli.

igos08.jpgSetelah sambutan, acara dilanjutkan dengan press release dan diskusi dimana beberapa pejabat dan pihak industri diminta menjadi nara sumber. Dan seperti sudah diduga, kerumunan pertanyaan baik dari wartawan maupun peserta yang hadir tertuju ke pak Cahyana (Dirjen Aplikasi Depkominfo). Ini kemungkinan karena isu adanya MOU pemerintah Indonesia dan Microsoft beberapa waktu lalu. Disini kedudukan Pak Cahyana menjadi sangat sulit, karena juga harus menjadi “pemadam kebakaran” dari movement pak Sofyan Djalil di Depkominfo 😉

Secara pribadi, yang menarik justru bukan di acaranya (maaf untuk rekan-rekan panitia ;)), tapi bagaimana bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan banyak rekan dari komunitas IT yang kebetulan hadir dan selama ini hanya bisa ngobrol lewat email, milis atau YM.

Terakhir harapan kita semua bahwa mudah-mudahan kegiatan IGOS bukanlah kegiatan adhoc, yang tidak kedengaran lagi setelah anggaran habis, tapi dapat berjalan secara kontinyu dan berkembang terus untuk memberi solusi alternatif perangkat lunak yang bebas dan membebaskan masyarakat Indonesia. Beberapa foto yang sempat saya ambil, klik untuk memperbesar.

igos09.jpg  igos07.jpg Â igos08.jpg

igos06.jpg  igos05.jpg  igos02.jpg

ttd-small.jpg