Lomba Pembuatan Multimedia Pembelajaran 2007

multimediapembelajaran.gifSeperti juga tahun tahun sebelumnya, tahun 2007 ini lomba pembuatan multimedia pembelajaran untuk guru-guru tingkat SMA/MA digelar lagi. Saya juga diminta lagi oleh teman-teman di Dikmenum (Depdiknas) untuk memimpin proses penjuriannya. Yang sedikit membedakan dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini tidak ada kategori SPM (Software Pembelajaran Mandiri) dan MPP (Media Presentasi Pembelajaran). Semua dijadikan satu kategori saja, yaitu Multimedia Pembelajaran.

Tahapan penjurian terdiri dari tahap awal (penilaian menyeluruh terhadap multimedia pembelajaran) dan tahap akhir (presentasi langsung dari pembuat karya di Jakarta). Ada empat aspek utama yang dinilai dari sebuah media pembelajaran, yaitu aspek substansi materi, aspek desain pembelajaran, aspek rekayasa perangkat lunak dan aspek komunikasi visual. Tim juri seperti juga tahun sebelumnya merupakan wakil dari berbagai institusi, diantaranya adalah Universitas Negeri Jakarta, Institut Teknologi Bandung, Pustekkom, LIPI dan IlmuKomputer.Com.

Berhubungan dengan karya multimedia pendidikan yang masuk, ada sedikit penurunan kuantitas dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ini mungkin efek samping dari adanya perubahan peraturan lomba dimana ada pembatasan untuk institusi sekolah dan anggota tim dalam sekolah yang harus berbeda. Tapi  yang menarik kualitas karya yang masuk relatif lebih tinggi daripada tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini saya benar-benar surprise karena karya cukup rata secara kualitas. Kita harus beri applaus ke para pemenang tahun sebelumnya yang membuat komunitas-komunitas kecil di daerahnya masing-masing. Ada beberapa yang memberi pelatihan gratis untuk rekan-rekan yang lain, sehingga ini ikut memacu kemampuan guru-guru untuk membuat multimedia pembelajaran.

Akhirnya dewan juri berhasil memilih 20 besar karya multimedia pembelajaran yang berhak mengikuti proses penjurian akhir Jakarta Beberapa foto aktifitas penjurian tahap awal saya sertakan di bawah. Ada pak Agung dari Seni Rupa ITB, pak Ade, pak Bambang dan pak Uwes dari Pustekkom, pak Hendro dari LIPI dan mbak Tin dari Dikmenum.

lombamultimedia1.jpg

lombamultimedia2.jpg

lombamultimedia3.jpg

lombamultimedia4.jpg

Ketika tulisan ini saya publish saya yakin bahwa peserta yang layak untuk masuk tahap akhir sudah dihubungi panitia. Saya ucapkan selamat untuk ke-20 peserta yang masing-masing mewakili sekolahnya untuk menjalani penjurian tahap akhir di Jakarta. Mudah-mudahan bisa menampilkan secara maksimal karya yang sudah dibuat baik secara teknis maupun filosofis pada saat presentasi. Mohon membawa “perlengkapan tempur” dan software-software yang digunakan dalam proses pengembangan multimedia pembelajaran. Lebih dari seminggu (27 nopember – 4 desember 2007) kita akan berkumpul bersama. Jadi mari kita gunakan kesempatan yang baik ini untuk berkenalan, belajar bersama, menjalin link dan networking dengan rekan-rekan sesama guru yang memiliki komitmen dalam pengembangan multimedia pembelajaran.

Saya tunggu kehadiran rekan-rekan guru sekalian di Jakarta 🙂

ttd-small.jpg