Penelitian Tugas Akhir Itu Mudah (3): Menetapkan Tema dan Judul
Mas Romi, saya mahasiswa jurusan ilmu komputer semester akhir, dan sudah harus masuk ke pembuatan tugas akhir. Bagaimana menguji tema dan judul penelitian yang saya buat, bahwa itu sudah ada di jalur yang benar. Mohon pencerahannya. Terima kasih (Budi, Universitas Indonesia)
Melanjutkan penjelasan tentang penelitian untuk tugas akhir yang sudah saya bahas sebelumnya di sini dan di sana, kali ini saya mencoba membahas teknik mudah menguji dan menetapkan tema penelitian. Sebelumnya perlu saya ingatkan kembali, bahwa masalah penelitian yang kita ambil akan menentukan kualitas penelitian secara keseluruhan. Masalah penelitian harus objective (tidak boleh subjective), dan harus dibuktikan secara logis dan valid bahwa itu benar-benarย masalah. Ingat bahwa masalah yang kita menyebutkan dengan, “menurut saya”, “menurut pengalaman saya”, “menurut tetangga saya”, “menurut teman saya”, dsb adalah subyektif.
OBJEKTIFIKASI MASALAH
Nah proses untuk membuktikan bahwa masalah kita logis dan valid biasa kita sebut dengan Objektifikasi Masalah. Proses Objektifikasi Masalah adalah proses melandasi masalah dari dua sudut pandang:
-
Studi Literatur. Masalah yang kita ambil tertulis secara explicit atau implicit di literatur ilmiah (journal, prosiding, dsb). Langkah ini sering saya sebut bahwa masalah kita itu globally accepted as a problem.
-
Pengamatan Lapangan. Sering juga disebut penelitian pendahuluan, yaitu menyebar kuesioner atau wawancara ke target penelitian. Tujuannya bahwa masalah yang tadinya bersifat subyektif (saya rasa, menurut saya, menurut kawan saya), menjadi masalah yg obyektif dan diakui oleh banyak orang. Langkah ini sering saya sebut supaya masalah kita locally accepted as a problem.
Letakkan keduanya di Bab Pendahuluan, pada Sub Bab Latar Belakang Masalah, maka itu lebih dari cukup untuk membuat masalah penelitian kita logis, valid, kuat dan tidak ngoyoworo alias dibuat-buat ๐
SYARAT JUDUL TUGAS AKHIR YANG BAIK
Setelah kita berhasil menetapkan masalah, sekarang kita masuk ke tema dan judul penelitian. Judul penelitian yang baik biasanya memuat 4 hal: Produk, Teori, Tujuan dan Target.
-
Produk artinya adalah hasil penelitian (software, game, metodologi, model, etc) yang kita akan kembangkan. Produk inilah yang akan mengisi bab-bab tentang pengembangan produk, setelah bab landasan teori.
-
Teori artinya teori yang melandasi produk yang kita buat tadi. Teori inilah yang akan menguasai paragraf-paragraf di bab Landasan teori.
-
Tujuan, biasanya kita ambilkan dari masalah yang kita ambil dan tujuan dari penelitian ini untuk memecahkan masalah tersebut di sisi apa. Bisa membuat lebih efektif, membuat lebih akurat, membuat lebih banyak secara kuantitas, dsb.
-
Obyek adalah dimana kita menerapkan produk yang sudah kita kembangkan.
Contoh judul penelitian tugas akhir yang memuat Produk, Teori, Tujuan dan Obyek bisa dilihat dari gambar dibawah.
UJI ALUR LOGIKA PENELITIAN DENGAN KERANGKA PEMIKIRAN
Ok, kalau sudah clear tentang masalah dan judul penelitian, sekarang bagaimana menentukan alur logika berjalannya sebuah penelitian tugas akhir. Saya biasanya meminta mahasiswa saya membuat Kerangka Pemikiran untuk mempercepat pemahaman tentang logika penelitian dan logika berjalannya sebuah penelitian. Kerangka Pemikiran sekaligus juga bisa berfungsi untuk menguji apakah penelitian kita sudah berada di jalan yang benar atau belum. Kerangka Pemikiran juga akhirnya bisa menjadi bentuk kasar dari struktur tugas akhir kita (skripsi, tesis or disertasi). Bagi saya sendiri, Kerangka Pemikiran adalah senjata pamungkas yang bisa membantu saya lebih cepat menguji puluhan proposal penelitian tugas akhir, yang mahasiswa presentasikan ( yang biasanya maunya cepet-cepet ๐ ) ketika meminta saya menjadi pembimbing mereka.
Format kerangka pemikiran yang saya ajarkan ke mahasiswa computing memuat beberapa hal di bawah:
-
PROBLEMS: Berisi masalah penelitian. Bagian ini akan menjadi Bab Pendahuluan pada tugas akhir kita.
-
APPROACH: Berisi solusi dan teori yang kita pilih dan gunakan untuk memecahkan masalah penelitian. Approach harus terhubung secara logis dengan masalah penelitian yang kita pilih. Approach bisa membentuk Bab Landasan Teori atau Tinjauan Pustaka pada tugas akhir kita. Approach bisa dibantu adanya peluang atau OPPORTUNITY yang berhubungan dengan approach yang kita ambil.
-
SOFTWARE DEVELOPMENT: Berisi proses pengembangan software yang didalamnya berisi pendekatan dan teori yang kita pilih. Software development memuat Software Development Life Cycle (SDLC) secara utuh, dimulai dari tahap spesification, design, coding dan testing. Beberapa universitas mensyaratkan penggunaan UML pada bagian ini. Bagian Software Development bisa menjadi satu Bab tersendiri pada tugas akhir kita.
-
SOFTWARE IMPLEMENTATION: Penerapan software ke target yang kita pilih. Pengukuran tidak perlu ke manusia apabila penelitian kita mengarah ke hasil komputasi yang lebih cepat secara waktu, menghasilkan lebih banyak volume, lebih akuratย dibandingkan dengan metode lain. Bagian ini juga bisa menjadi bab tersendiri di tugas akhir kita.
-
SOFTWARE MEASUREMENT: Pengukuran seberapa jauh software terbukti bermanfaat, bisa menggunakan pretest dan posttest. Untuk uji statistik bisa menggunakan T-Test yang bisa cepat kita lakukan dengan software spreadsheet yang kita punya. Pikirkan menggunakan software statistik profesional (SPSS, dsb) apabila memang data kita besar dan kompleks. Bagian ini bisa menjadi Bab Analisa dan Hasil pada tugas akhir kita.
-
RESULT: Merupakan bagian yang menyimpulkan seluruh proses penelitian dan pengukuran yang kita lakukan. Biasanya menjadi Bab Kesimpulan dan Saran pada tugas akhir kita.
CONTOH KERANGKA PEMIKIRAN
Wokeh, terus bentuk riilnya bagaimana sih? ๐ Saya berikan contoh bagan Kerangka Pemikiran, yang saya susun ulang dari penelitian tugas akhir mahasiswa yang saya bimbing di beberapa universitas. Kebetulan saya mendapat amanah memimpin konsentrasi Game Technology di M.Kom Program Universitas Dian Nuswantoro Semarang dan membimbingย penelitian beberapa mahasiswa di program M.Kom STMIK Eresha Jakarta untuk konsentrasi Software Engineering.
Sekedar tips dan trik untuk dosen pembimbing ( khususnya yang memang berniat serius membimbing tugas akhir mahasiswa ๐ ). Karena keterbatasan waktu bimbingan tugas akhir, saya biasanya menyisipkan materi tentang penelitian tugas akhir, metodologi penelitian, penentuan tema, dan diskusi progress report penelitian tugas akhir pada mata kuliah yang saya ajar. Mahasiswa saya minta menyusun proposal penelitian kemudian mempresentasikan di depan mahasiswa lain pada mata kuliah Object-Oriented Programming, Software Engineering, Object-Oriented Analysis and Design, Software Construction and Testing, dsb. Untuk teman-teman mahasiswa yang mengikuti mata kuliah saya di konsentrasi Game Technology, saya memasukkan materi penelitian beserta progress reportnya di seluruh mata kuliah Game Technology yang saya ajar.
Supaya tidak bingung dengan penjelasan tentang Kerangka Pemikiran, berikut saya berikan contoh Kerangka Pemikiran dari tiga penelitian di bidang computing, khususnya peminatan Software Engineering dan Game Technology.
Panah berwarna merah bergaris tebal menunjukkan urutan tahapan penelitian (panah alur), sedang panah berwarna merah-kuning tipis menunjukkan logika berpikir (panah logika). Misalnya pada contoh pertama, masalah “anak autis yang kesulitan dalam berkomunkasi”, diselesaikan dengan pendekatan ABA dan AAC. Sedangkan masalah “terbatasnya waktu terapi di klinik”, diselesaikan dengan approach teknologi mobile. Sekali lagi, panah logika bisa dibuat karena ada landasan teori dari sumber referensi yang shahih dan dipercaya (journal ilmiah, buku ilmiah, conference proceeding, dsb).
1. KERANGKA PEMIKIRAN PENELITIAN GAME SIMULASI UNTUK ANAK AUTIS
2. KERANGKA PEMIKIRAN PENELITIAN SISTEMย PENENTU TRAYEK ANGKOT
3. KERANGKA PEMIKIRAN PENELITIAN GAME MATEMATIKA GEOMETRI
Terakhir, bagi mahasiswa yang sedang bergelut dengan tugas akhir, letakkan dan lekatkan pemikiran di kepala kita bahwa penelitian tugas akhir itu mudah dan pasti bisa dilakukan. Mungkin selama ini karena kita tidak mengerti caranya saja, sehingga terlihat sulit, rumit dan menggemaskan … eh mengerikan maksud saya hihihi.
Wahai para pedjoeangku dan mahasiwaku, tetap istiqomah dalam perdjoeangan dan jangan pernah menyerah!
trims informasinya pak… bermanfaat…
grafiknya betul2 membantu om
tengkyu
berguna banget nih. apalagi mahasiswa yang udah mau selesai seperti saya :).. thanks mas romi
Wah, artikelnya bagus banget pak. Bener-bener membantu saya menyusun tugas akhir saya. Thank’s ^_^
wah info yang saya butuhkan pak, makasih ๐
wah… penjelasan2 yang pake illustrasi spt ini yg saya paling suka. … thank’s mas romi
Wah, kalo udah ada teknologi copy otak,
isi otaknya oom romi yang baek2 tak copy paste dah,
otak yang bajakan juga gak papa,
hehe,
wokeh :D, persiapan untuk tugas akhir besok, jzkh..
wah..semester depan smogasaja udah bisa ngambil TA.. terima kasih..
Terima kasih untuk infonya, sekarang saya sedang membuat artikel tentang WiMAX di WiMAX-id.info
pas banget neh …
saya jg sedang menyusun tugas akhir ๐
wah maturnuwun atas pencerahannya pak….^^
Terima kasih Pak. InsyaAlloh menambah kepedeanku dalam Tugas akhir tahun ini. Salam sukses.
tetap dalam perjoeangan…!!!
trims Pak, cocok nih, lg persiapan skripsi juga… ๐ tapi, yg bikin susah, gimana sih biar semangat ngebuatnya, tidak setengah2?
๐
waw, bapak… ini ga cuma bs bwt tugas akhir aj x y pak.
bwt tugas minor project (pra skripsi) jg bs.
makasih bapak ๐
Thanks juragan romi
jadi punya tambahan amunisi neh
coz sekarang sy lagi ngerjain TA
::speechless::
mantafs…….
menunggu edisi ke-4…..
Terima kasih buanyak bang romi.
thx buat infonya,, pas banget buat saya yang lagi ngerjain tugas akhir.. ๐
Terima kasih banyak atas informasinya Pak ROmi, saat ini saya juga sedang dipusingkan mencari judul TA. Dengan membaca artikel ini lumayan menambah wawasan saya.
wah seru banget
dari pengalaman saya selesai kul di prodi ilmu komputer, emang tergantung dari masing-masing orang. da yg oriented best title sehingga terkadang molor kulnya ato yg oriented ama cepet wisuda trus nikah trus kul lagi, he
Kedua tipe tersebut menghasilkan tema dan judul yg tentu beda kualitasnya. Ditambah kualitas dosen pembimbing, wawasan kita, keahlian, dan keterampilan kita yg turut mempengaruhi mutu dari skripsi kita.
Lagi-lagi, akan juga berpengaruh kepada nasib dari skripsi itu sendiri. Apakah hanya terbengkalai di rak-rak perpus yg lusuh, ato tambah memperbaiki dan memperjuangkan pendidikan komputer anak bangsa menuju indonesia yg lebih baik.
Jadi saran saya, pilih tema dan judul yg anda anggap mampu utk diselesaikan sesuai kepandaian kita, tenggat waktu yg telah disediakan. Dan akhirnya tetap menjaga kualitas dari hasil skripsi itu sendiri.
Ini pendapat pribadi saya, bukan pendapatnya Mas Romi lho…
Salam kenal buat mas Romi. Saya sudah kenal beliau, cuman kitanya mungkin belum dikenal..
Penjelasannya padat dan bermanfaat sekali, thanks.
waah… mantabz
coba dari dulu mas posting artikel ini…
saya udah terlanjur milih topik dan setelah baca tulisan ini, kayaknya pemilihan topik saya jadi kurang tepat
Pak Romi, minta tolong py data tentang jumlah pengguna weblog di Indonesia untuk kalangan pelajar?
Artikel yang Bagoes Mas Romi, apalagi kemarin Hari Sabtu di STMIK Bani Saleh di presentasikan langsung, jadi Tugas Akhir, Skripsi atau apapun namanya yg selama ini bikin mahasiswa “muntah-muntah” jadi bisa lebih menikmati jalan perdjoeangan para legenda
Kalo saya masih lama bikin skripsinya.
Tapi kayaknya gak ada salahnya siap2 dari skrg.
Rencananya mau bikin apps ttg enneagram buat facebook. Kira2 judulnya seperti apa ya?
Bisa dibantu Pak?
skripsi saya tentang “pengaruh kemudahan (ease of use) dan kemanfaatan (usefulness) pada website terhadap penggunaan website (studi pada anggota facebook.com)
rancu bgt ya pak romi??
mohon bantuannya. terimakasih.
@magnanimity: emang jurusan apa ya mbak? sosial politik? atau apa?
Kunjungan setelah mendapatkan ilmu dr Pak Romi di seminar WebPreneurship UB.Makasih byk Pak Romi…
Ass wr wb,
Pa saya mahasiswa bpk di Pasca Sarjana Nusa Madiri, saat ini saya dpt tugs dr bpk membuat judul penelitian,dan saya sdh membuatnya tapi masih belum begitu yakin, mohon petunjuk dari bapak agar saya bs kejalan yg benar…(Bapak kaya Ustad aj)Hee….he…. ini lo jdul yg sy buat :
“Sistem e-Marketing berbasis Customer Relationship Management (CRM) untuk memberikan kemudahan bagi mereka dalam berinteraksi dan bertransaksi pada Leasing Motor PT.XXX”
salam kenal pak
saya pengen belajar mengenai IT dan menjadi Programer tetapi saya bingung menjadi prograner apa yang cocok buat saya yang sekarang sekulah jurusan elektronika
salam kenal pak
saya pengen belajar mengenai IT dan menjadi Programer tetapi saya bingung menjadi prograner apa yang cocok buat saya yang sekarang sekulah jurusan elektronika.
sekian terimakasih
mohon bimbingannya pak
artikelnya bagus mas..banyak membantu.
Makasih banyak Pak, artikel-nya sangat membantu kerangka berpikir untuk pengerjaan Tugas Akhir ๐
Asslmkm Pak Romi…
Terimaksih Pak… artikel anda sangat membantu saya dalam pengerjaan tugas akhir yang sempat mandet 1 semester karna g dpt2 tema or judul yang akan diangkat…tp sekarg saya akn mencoba untuk memulainya kembali.
saya mahsswi SI dan mw mengambil tugas akhir bertemakan GDSS(Group Decision Support System)dengan penerapan di kampus saya tinggal… dan membandingkannya dengan metode lainnya.. ttp saya msh bingung, aspek mana yang bagus tuk diangkat dan metode lain apa yang bagus untuk digunakan sbgai perbandingan.
jawaban anda sangat saya harapkan
Terima kasih sebelumnya…
U’r my Inspiration…
assalamualaikum pak,
trilogi tugas akhir itu mudah sangat membantu dan
memberi pencerahan buat saya.
terima kasih.
Thanks banget pak, saya suka baca blog Pak Romy dan menjadi semangat saya untuk berkarya terus..
Sukses terus ya pak…
berguna banget nih kang…trims kang romy…
Topik yang membuat pengetahuan bagi sebuah ide Penelitian
Pak Romi,mohon sarannya tentang judul skripsi saya:
SISTEM PEMBELAJARAN DASAR MULTIMEDIA BERBASIS WEB DINAMIS PADA SMK XXX KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA
software yg digunakan MOODLE tetapi tidak saya cantumkan. Hanya mengambil salah satu mata pelajaran yakni Dasar Multimedia. Bagaimana menurut Bapak?
udah baca seri 1 ama 2 nya,,keren,,,
makaci yaaa kang artikelnya ^^
terima kasih buaaanyakkk…!!! jadi cerah ni pikiran..
jadi semangat ngerjain Tugas Akhir
Terimakasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini terutama bagi saya…..dan semuanya
artikel nya bermanfaat bgt nih, pak romy.. mkasih..
saya sudah baca bagian 1 dan 2 Pak terimakasih saya jurusan bhs Inggris, pengetahuan saya semakin bertambah setelah membaca bagian ketiga ini